Andi Fadli Serahkan Buku Etika Komunikasi ke Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin

Dosen Jurnalistik dan Komunikasi UIN Alauddin Andi Fadli menyerahkan buku berjudul Etika Komunikasi kepada Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Firdaus Muhammad

Terkini.id, Makassar – Dosen Jurnalistik dan Komunikasi UIN Alauddin Andi Fadli menyerahkan buku berjudul Etika Komunikasi kepada Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Firdaus Muhammad.

Buku yang disusun berdasarkan hasil riset dan wawancara lapangan ini disusun Andi Fadli bersama DR Risma Niswa dan DR Irsyad Dhahri.

Buku Etika Komunikasi ini diharapkan memberi gambaran baru tentang dunia komunikasi terkini. Pembaca akan memahami tugas wartawan sebagai pekerja jurnalistik, kompetensi wartawan, dan rambu kebebasan pers di Indonesia.

Buku ini juga mengukur efek media massa baik dalam skala kecil maupun dalam skala luas. Seberapa cepat dampaknya terjadi.

“Buku ini belum sempurna. Tapi paling tidak sudah bisa menambah keilmuan. Baik mahasiswa, dosen maupun masyarakat umum,” ungkap Fadli, yang juga mantan jurnalis Radio Ramako dan mantan Jurnalis Trans TV, Jumat 6 Desember 2019.

Fadli yang pernah menjadi Komsioner Penyiaran Indonesia Sulsel dan Direktur Stasiun TV ini telah menerbitkan beberapa buku. Seperti buku berjudul Perjalanan Jurnalis, kumpulan opini dan beberapa buku hasil karya kolaborasi dosen dan wartawan.

”Saya sedang belajar, setidaknya sudah ada karya,” tutup pria yang aktif melakukan riset dan penelitian soal media ini.

Mantan wartawan ini mengatakan, buku Etika Komunikasi sengaja diterbitkan karena masih banyak yang belum mengerti etika media.

”Jangankan masyarakat luas, sebagian jurnalis juga masih ada yang tidak mengerti soal etika komunikasi dan media,” katanya.

Menurut Fadli, hal yang mendasar dalam media adalah etika. ”Banyak orang jago tapi belum tentu punya etika atau mental bagus,” kata Fadli, mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen Makassar.

Komentar

Rekomendasi

Pameran Perguruan Tinggi Swasta, STIK Tamalatea Makassar Tampilkan Keunggulan Kampus

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas Bakal Gelar ‘Kosmik Space’, Ini Ragam Kegiatannya

Cara Mahasiswa Pertanian Unila Tingkatkan Minat Baca Dalam Kampus dan Sekitarnya

Di Kendari, Direktur Polbangtan Gowa sosialisasikan KOSTRATANI sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian

Cari asisten kebun yang unggul dan tangguh, BPI lakukan sosialisasi dan rekrutmen mahasiswa di Polbangtan Gowa

Salah Satu Alumnus Terbaiknya Meninggal Dunia, Universitas Sawerigading Makassar Berduka

Dukung pertanian wilayah perbatasan, Polbangtan Gowa kembali akan mengirimkan mahasiswa pendamping

Telkom MDV gelar talkshow “The Future Agriculture 4.0, Transforming Agriculture Through Innovations”, hadirkan mahasiswa Polbangtan Gowa sebagai speaker

Dr. Syaifuddin: makin banyak karya ilmiah yang dihasilkan, maka makin tinggi juga kompetensi diri dan berdampak pada reputasi institusi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar