Anggaran Terlalu Besar, IPPMG Kritik Pembangunan Pos Kamling di Dusun Manyengo Barru

IPPMG
Pembangunan Pos Kamling di Dusun Mayengo Kabupaten Barru

Terkini.id, Barru – Membangun pos adalah solusi yang tepat dalam rangka meningkatkan ketertiban dan keamanan desa. Demikian halnya yang tengah dilakukan di Dusun Manyengo, Desa Gattareng, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru.

Pemerintah setempat mengalokasikan dana peruntukan untuk pos kamling yang sebelumnya telah terencanakan. Rencana pembangunan ini sebelumnya telah dimuat dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES).

Sebagai realisasi anggaran yang telah dicairkan, pos kamling yang terletak di Dusun Manyengo kini tengah dalam tahap pembangunan.

Namun yang terjadi, kegiatan pembangunan ini mengundang pro kontra dari masyarakat desa setempat. sebagian masyarakat merasa bersyukur POS Kamling akhirnya mendapat perhatian dari pemerintah.

Lain sisi, sebagian masyarakat justru merasa besaran dana yang dikucurkan untuk pembangunan kurang realistis.

“Bayangkan saja, satu pos kamling dibangun dengan besaran dana Rp 48.660.940,- di atas lahan wakaf yang hanya 3×5 meter. Bukannya menyalahkan. Alokasi anggaran sudah tepat. Hanya saja anggaran sebanyak itu kurang realistis kalau hanya membangun satu pos kamling saja”,” kata Herul, Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Gattareng (IPPMG), lewat keterangan persnya kepada Media, Senin, 22 Juli 2019.

Pendapat warga setempat

Salah satu anggota IPPMG Ikhsan Rompa juga menyebutkan bahwa pengalokasian anggaran dibahas bersama saat agenda pembahasan RPJMDES untuk Tahun Anggaran 2019, namun tidak dibahas secara rinci.

“Pembahasan yang ada  hanya besaran anggaran untuk setiap sub penganggaran saja. Tidak ada pembahasan khusus peritem, misalnya pos kamling,” ujarnya.

Selain itu, salah satu warga setempat juga membenarkan hal tersebut.

“Kalau saya lihat, sepertinya dana pembanguan pos kamling ini memang terlalu besar,” ujar warga yang enggan disebutkan namanya ini.

Unsur masyarakat dan pemuda, kata dia, sangat berharap penganggaran semacam ini mendapat pengawalan yang ketat oleh pihak-pihak terkait.

“Bukan hanya pada pembangunan pos kamling saja, termasuk pengalokasian anggaran pada pembangunan infrastruktur lain juga demi kemakmuran desa sebagaimana yang dicita-citakan oleh negara,” pungkasnya.

Komentar
Terkini