Anggota DPRD Parepare Apriyani Djalamuddin Fokus Kawal Hak Perempuan

Apriyani Djalamuddin
Anggota DPRD Kota Parepare dari fraksi PDIP, Apriyani Djalamuddin

Terkini.id, Parepare – Anggota DPRD Kota Parepare dari fraksi PDIP, Apriyani Djalamuddin, akan fokus mengawal aspirasi peningkatan usaha yang dirintis oleh Ibu Rumah Tangga (IRT), khususnya di wilayah Kecamatan Soreang.

Apriyani mengatakan, sebagai salah seorang Legislator perempuan, pihaknya berkewajiban dan terpanggil untuk terus memperjuangkan aspirasi kaum perempuan.

“Sebagian besar konstituen khususnya kaum perempuan yang hadir hari ini, menyampaikan aspirasi menyangkut bantuan wirausaha rumah tangga, dan usaha-usaha lainnya yang mereka rintis,” katanya, Rabu, 11 Desember 2019.

Legislator dua periode tersebut mengungkapkan, peran perempuan kini semakin berpengaruh dalam membantu perekonomian keluarga. Sehingga, kata dia, diperlukan untuk mendorong usaha rumah tangga, agar tugas sebagai seorang ibu juga tetap dapat terpenuhi.

“Oleh karena itu, kami akan fokus untuk mengawal aspirasi tersebut hingga terealisasi. Begitupun, dengan aspirasi lainnya yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat,” sebutnya.

Baca juga:

Pengalaman pada periode pertama, pandangannya terkait politik berubah. Dari situ dia banyak belajar tentang politik untuk memperjuangkan masyarakat terutama hak-hak perempuan.

“Dari periode pertama, akhirnya saya belajar banyak tentang politik. Bahwa, ternyata politik itu seperti ini, harus bertanggung jawab terhadap masyarakat. Saya bilang menarik sekali politik, terutama terkait kepentingan kaum perempuan,” jelasnya.

Tak cukup sampai di situ, dia merasa bahwa sangat penting adanya keterwakilan perempuan dalam legislatif. Karena dengan begitu kepentingan dan hak perempuan bisa terealisasi.

Menurutnya, kepentingan perempuan itu sangat banyak terutama persoalan kemandirian dan kekerasan dalam rumah tangga.

“Kalau itu tidak disuarakan di legislatif, perempuan kasian sekali,” tambahnya.

Para perempuan banyak yang tidak ingin ketergantungan pada laki-laki atau pasangannya. Jadi banyak dari mereka yang memiliki minat untuk mempunyai usaha sendiri, seperti usaha rumahan atau kerajinan.

Selama dia menjabat sebagai anggota DPRD, ia selalu menyuarakan hak perempuan. Menurutnya, isu perempuan masih perlu perjuangan di parlemen terutama misalnya, bagaimana kondisi perempuan yang bekerja di instansi.

“Saya harus perjuangkan Perda untuk kenyamanan pekerja perempuan, dengan adanya keterwakilan perempuan, maka mereka bisa lebih maju,” tuturnya.

Komentar

Rekomendasi

Pemkot Parepare Beri Kemudahan Pencetakan Dokumen Kependudukan

Antisipasi Kerusakan Jaringan, PJU Parepare Aktif Bersihkan Dahan Pohon Dekat Tiang Lampu

Ikuti Halal Bihalal Virtual, Taufan Pawe: Kita Tetap Fokus Penanganan Corona

Meski Masih Suasana Lebaran, TGTPP Parepare Tetap Bekerja Ekstra Lakukan Disinfektasi

Kabar Baik, Dua Pasien Positif Corona Sembuh di Parepare

Wali Kota Parepare Imbau Warga Silaturahmi Via Online

Begini Cara Wali Kota TP Semangati Tenaga Medis RSUD AM Parepare

Soal Salat Id, Wali Kota Parepare Ajak Warga Patuhi Imbauan Pemerintah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar