Antisipasi Covid 19, Warga Parepare Bisa Terbitkan Dokumen Adminduk Secara Daring

Disdukcapil Kota Parepare melakukan perekaman Kartu Identitas Anak di sekolah-sekolah. Selama kasus Corona, Disdukcapil Kota Parepare fokus pada penerbitan dokumen kependudukan secara daring

Terkini.id, Parepare – Untuk menghindari penyebaran Covid 19 atau Virus Corona, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare memaksimalkan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan secara daring atau online.

Pelayanan penerbitan dokumen secara daring ini untuk meminimalkan operator pelayanan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

‘’Kami akan fokus melakukan pelayanan secara daring, sarana yang kami miliki sudah cukup memadai untuk melakukan pelayanan secara online,’’ kata Adi Hidayah Saputra, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Senin 16 Maret 2020.

Dengan pelayanan secara daring ini, pemohon dapat mengirim dokumennya secara online dengan menggunakan format pdf. Setelah melalui proses verifikasi dari petugas pelayanan, dokumen kependudukan penduduk akan dikirim pada pemohon melalui format pdf. Pemohon bisa mencetak dokumen kependudukannya sendiri di rumah.

‘’Kami sudah menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram dalam menerbitkan dokumen kependudukan, sehingga penduduk bisa menerbitkan dokumen kependudukan sendiri di rumah,’’ tambah Adi Hidayah.

Dokumen kependudukan yang bisa dicetak di rumah antara lain Kartu Keluarga, Surat Keterangan Pindah dan Akta Pencatatan Sipil. Sedangkan khusus KTP Elektronik dan KIA tetap harus dicetak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

‘’Untuk pelayanan KTP-el, kami tetap memberikan layanan di kantor, tapi jika tidak mendesak, kami berharap penduduk bisa menunda pengurusan KTP-el nya hingga dua minggu ke depan. Untuk penerbitan KTP-el yang bersifat mendesak, segera ke kantor kami atau menghubungi nomor pengaduan,’’ ujar Asyurani, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.

Adapun nomor yang bisa dihubungi penduduk untuk penerbitan dokumen kependudukan secara daring, penduduk dapat menghubungi nomor pengaduan di 0811 425 117, selain itu bisa juga menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare melalui Facebook @Disdukcapil Parepare, email: tu.disdukcapil@gmail.com dan Website: disdukcapil.pareparekota.go.id

Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad, mengatakan, dengan sistem penerbitan administrasi kependudukan menggunakan layanan online, maka akan memudahkan warga dan juga kita berperan pencegahan Covid-19.

“Ini langkah tepat yang dilakukan dinas terkait, karena dengan cara itu kemudian mampu mengurangi dampak penyebaran dari Covid-19,” ungkap dia.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Walikota Taufan Pawe Minta Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

Vidcon Kemendagri, Ini yang Dibahas Walikota Parepare

Taufan Pawe Bilang Setiap Kebijakan Pemerintah Pusat Kami Pasti Akomodir

Begini Cara DLH Parepare Sikapi Aduan Warga

TP Bersama Forkopimda Parepare Pantau Pengalihan Arus di Perbatasan

THR dan Gaji 13 Tengah Dikaji di Tengah Pandemi Corona, Berikut Tanggapan Taufan Pawe

RSUD Andi Makkasau Parepare Ditunjuk Laksanakan TCM Covid-19, Hanya Tiga di Sulsel

Pemkot Parepare Bakal Lakukan Penambahan Box Disinfektan di Pasar Lakessi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar