Antisipasi Dampak Corona, Pemkot Makassar Siapkan Bantuan Sembako

Penjabat Walikota Makassar, Iqbal Sihaeb memberikan keterangan kepada awak media terkait perpajakan bagi pengusaha di tengah wabah Pandemik Corona
Penjabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb membantah kabar Makassar akan Lockdown Local. (Foto: Ist)

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan bantuan sembako kepada masyarakat, untuk mengantisipasi dampak ekonomi pandemi corona. Mereka yang memungkinkan dan masuk kriteria akan menerima bahan pangan pokok.

“Dinas Sosial akan menggunakan anggarannya untuk memberi bantuan sembako kepada masyarakat melalui tenaga sukarela di kelurahan,” ujar Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb, Senin, 30 Maret 2020.

Dana tersebut berasal dari anggaran SKPD yang dialihkan untuk penanganan Covid-19. Iqbal menyebut, bantuan tersebut sebagai upaya untuk mencegah terjadinya keterpurukan ekonomi di tengah penyebaran pandemi virus corona.

Menurut dia, kehidupan sosial ekonomi masyarakat bawah menjadi paling rentan. Oleh karena itu, pihaknya tengah mendata masyarakat yang akan menjadi penerima bantuan tersebut.

“Sejenis bantuan langsung, social savety net untuk masyarakat miskin,” paparnya

Menarik untuk Anda:

“Mereka akan mendata mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga RW dan RT. Siapa saja masyarakat miskin yang terdampak dengan kebijakan social distancing ini,” tutur Iqbal

Ia mengatakan bakal memastikan kebijakan tersebut tepat sasaran. Hal itu untuk mencegah terjadinya kecurangan saat pembagian sembako.

“Datanya harus akurat, by name by address, harus jelas. Kita juga arahkan dana kelurahan kepada sifatnya yang miskin baru. Kegiatan tersebut jangan terjadi pengumpulan,” tegas Iqbal.

Selain sembako, pemerintah, kata dia, juga telah memberikan bantuan subsidi air minum untuk masyarakat.

“Untuk air minum juga bakal disubsidi oleh pemerintah,” terangnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Wakil Gubernur Sulsel Kunjungi Pemukiman di Pinggiran Kota Makassar

Putra Gubernur Sulsel Jadi Jubir Dilan di Pilwali Makassar 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar