Antisipasi lonjakan penumpang arus mudik, PT Pelni siapkan 15 kapal

General Manager PT Pelni Makassar, Edward Tobing./ Andini Ristyaningrum

Terkini.id, Makassar – Mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran 2017, PT Pelni Kantor Cabang Makassar telah menyediakan 15 armada kapal.

Ke 15 armada kapal tersebut siap melayani rute tujuan penumpang ke seluruh wilayah di Tanah Air. Termasuk penumpang yang akan masuk melalui Pelabuhan Makassar.

“Selain 15 armada kapal itu, kami juga telah menyiapkan satu armada jetliner,” kata General Manager PT Pelni Makassar Edward Tobing, Senin 19 Juni 2017.

Jika di tahun sebelumnya, Surabaya dan Bima menjadi rute yang paling mengalami lonjakan penumpang, di 2017 ini, diprediksi Bima masih akan menjadi rute dengan tujuan terbanyak.

“Tahun ini rute yang diprediksi mengalami lonjakan penumpang selain tujuan Bima ada juga Labuan Bajo. Kita tahu di Makassar cukup banyak pendatang dari kedua wilayah itu,” jelas Edward.

Persiapan armada kapal tersebut menurut Edward cukup memadai untuk jumlah penumpang yang secara total dinilai akan meningkat. Pada 2016 lalu, penumpang dari dan menuju ke Makassar di Pelabuhan Makassar mencapai sekitar 34 ribu orang.

Baca :Polres Jeneponto kerahkan 170 personil amankan mudik

Tahun ini, diprediksi tidak jauh dari angka tersebut yaitu berada di kisaran 36 ribu orang. Edward menjelaskan, puncak arus mudik melalui jalur laut mulai terjadi pada H-7 Lebaran.

Pengawasan ketat juga telah dilakukan pihaknya, terlebih dalam meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Olehnya itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mempersiapkan rencana mudiknya dengan baik.

“Demi keselamatan dan kenyamanan, kami tidak akan mentoleransi adanya kelebihan muatan penumpang. Kejadian setahun lalu di mana ada kapal yang kelebihan muatan dan gagal berlayar kami jamin tidak akan terulang lagi,” tegas Edward.

Ia juga telah memastikan kapal yang siap berlayar telah memenuhi segala prosedur. Mulai dari kelayakan infrastruktur, SDM, dan daya tampungnya,

Komentar

  • Kontak Informasi Makassarterkini
  • Redaksi: [email protected]
  • Iklan: [email protected]