Argentina Masih Bisa Lolos ke 16 Besar, Jika Ini Terjadi

argentina, lolos, 16 besar, bisa
AP Photo - Petr David Josek

Terkini.id, Makassar – Argentina terpaksa harus menelan kekalahan pahit 0-3 dari Kroasia pada laga kedua Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat 22 Juni dini hari.

Hasil itu membuat Lionel Messi dan kawan-kawan makin berat untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Saaw awal-awal pertandingan, Argentina sebenarnya tampil dominan. Dimotori oleh Lionel Messi dan kawan-kawan cukup mampu membuat peluang untuk menjebol gawang Daniel Subasic, Kroasia.

Skor kacamata bertahan pada babak pertama. Selama kurang lebih 45 menit lebih, Argentina mendominasi permainan dengan 56 persen penguasaan bola.

Hanya saja, lini depan tim Tango kurang mampu menyelesaikan permainan. Terbukti, setidaknya hanya ada 2 tembakanyang dihasilkan. Kroasia 3 kali.

Di babak pertama, wasit juga cuma mengeluarkan satu kartu kuning, yakni untuk Rebic dari kubu Kroasia.

Serangan Balik

Argentina tampil dengan permainan menyerang dan menekan Kroasia. Sayangnya, lini belakang terlena.

Pada menit ke-53, serangan balik cepat Kroasia membuat kiper Wilfredo Caballero melakukan blunder yang fatal.

Caballero melakukan blunder seperti halnya kiper Liverpool, Loris Karius saat melawan Real Madrid pada Final Liga Champions.

Baca juga: Jelang Kickoff, Komputer Canggih Ini Prediksi Tim Juara Piala Dunia

Bola yang hendak dioper Caballero kepada rekan setimnya, gagal ditendang dengan baik. Bola tersebut justru pelan ke arah gelandang serang Kroasia, Ante Rebic.

Rebic pun langsung menyambar bola dengan tendangan akrobatik. Satu gol melesat ke gawang Argentina.

Blunder berujung gol itu langsung meruntuhkan mental Argentina. Meski sudah memasukkan Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala, Argentina masih saja kesulitan membongkar pertahanan Kroasia.

Gol kedua kemudian dicetak oleh Kapten Kroasia, Luka Modric pada menit ke-80. Lalu Kroasia menambah keunggulan lagi saat Ivan Rakitic kembali mengoyak gawang Caballero pada injury time babak kedua.

Peluang Tipis

Kekalahan 3-0 itu membuat Argentina makin sulit melaju ke babak selanjutnya. Itu karena Tim Tango baru mengantongi 1 poin hasil imbang lawan Islandia dan kekalahan dari Kroasia.

Sementara, Kroasia mencatat hasil sempurna, 6 poin, dari dua kemenangan atas Nigeria dan Islandia.

Dengan perolehan itu, Kroasia sudah memastikan diri bisa lolos ke babak 16 besar. Berarti, Timnas Argentina harus memperebutkan 1 tiket lagi yang tersisa bersama Islandia dan Nigeria.

Baca juga: Ternyata Karius Juga Korban Sikut Ramos, Dia Mengalami Gangguan Visual

Tim Tanggo maksimal hanya akan bisa meraih 4 poin di Grup D jika pada laga terakhir mampu mengalahkan Nigeria, Selasa 26 Juni mendatang, di St Petersburg.

Di sisi lain, Argentina berharap Islandia kalah melawan Kroasia. Dengan begitu, runner up Grup D atau jatah yang tersisa untuk bisa lolos ke babak 16 besar akan ditentukan oleh selisih gol.

Kemenangan Nigeria atas Islandia akan berarti bahwa, La Albiceleste dan Super Eagles akan saling bertarung memperebutkan satu tempat di babak berikutnya.

Ini akan menjadi permainan hidup-mati, seperti yang mereka lakukan melawan Ekuador di tahap kualifikasi Conmebol. Untuk mengamankan tempat di Piala Dunia Rusia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini