Asyik, pemerintah tambah libur lebaran Idulfitri jadi 9 hari

Terkini.id – Mudil lebaran Idulfitri tahun 2018 semakin dekat. Menariknya, cuti bersama untuk libur lebaran tahun ini lebih panjang dari sebelumnya. Bertambah dua hari.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, menjelaskan, salah satu alasan penambahan libur adalah untuk buat menekan kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik.

Menurut dia, waktu libur lebaran diberikan agar pemudik punya waktu lebih luas untuk menentukan perjalanan pulang kampungnya.

Keputusan libur yang lebih panjang itu, bakal ditandatangani di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) siang ini, Rabu 18 April 2018.

Menteri yang menandatangani surat keputusan bersama (SKB) tersebut antara lain Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Adapun Asman Abnur, mengatakan pemerintah telah mengkaji usulan penambahan dua hari libur lebaran tahun tersebut.

“Jadi, dua hari tambahan itu diberikan setelah Lebaran,” kata Asman kepada wartawan di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 18 April 2018.

Penambahan libur Lebaran akan jatuh pada 20-21 Juni 2018. Sehingga, perhitungan jadwal libur lebaran tahun Idulfitri nanti akan jatuh pada 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, dan 21 Juni 2018.

Selain itu, pekerja, khususnya pegawai negeri sipil (PNS), diperbolehkan mengambil cuti tambahan pada Lebaran tahun ini di luar jadwal yang ditentukan tersebut. Pastinya dengan ketentuan, tambahan cuti akan mengurangi jatah cuti tahunan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini