Atasi TB di Makassar, Dinkes dan YKI Gelar Lokakarya DPPM

Terkini.id, Makassar – Upaya untuk mengatasi angka penyakit Tuberkulosis atau TB dibahas dalam Lokakarya DPPM (District Public-Private Mixed) l Kick Off Meeting di Hotel Swiss Bell In, Senin 22 Juli 2019.

Kegiatan tersebut digelar YKI (Yayasan KNCV Indonesia) kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Sebagaimana diketahui, Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan peningkatan Tuberkulosis.

Pada tahun 2017, Indonesia bahkan menempati urutan ketiga dengan angka penyakit TB tertinggi setelah India dan China.

Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan untuk menurunkan angka penularan dengan melibatkan seluruh stakeholder baik pemerintah, swasta maupun komonitas masyarakat.

“Kasus TB masih mengalami peningkatan secara signifikan yang berdampak terhadap meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, TB juga berdampak pada menurunnya produktivitas masyarakat yang akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri,” kata Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Pemerintah Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan, di Hotel Swiss Bell In, Senin 22 Juli 2019.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah meningkatkan upaya promotif dan preventif melalui peningkatan kebersihan lingkungan dan perubahan prilaku dengan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

“Perlu dilakukan secara sistematis oleh semua komponen bangsa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Melalui Lokakarya DPPMI KICK OFF MEETING, diharapkan dapat terbentuk suatu strategi dengan dengan kolaborasi antar layanan sehingga di harapkan semua kasus TB dapat ditemukan dan diobati sesuai standar sehingga dapat menurunkan kasus penyakit menular.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

Dinas PU Makassar Usul Lomba Sanitasi Award

Terkini.id, Makassar - Pemerintah Kota Makassar tengah menyusun Peraturan Wali Kota (Perwali) ihwal Pemberian Penghargaan kepada Masyarakat Kota Makassar tahun anggaran 2019.Hal itu disampaikan