Awal tahun, bunga kredit masih dobel digit

Ilustrasi bunga KPR. KONTAN/Muradi/2014/10/01

terkini.id, Makassar – Otoritas keuangan masih terus mendorong penurunan suku bunga. Sejak semester kedua tahun lalu, hingga awal tahun ini, suku bunga dasar kredit perbankan dalam tren turun. Diharapkan bisa mencapai single digit atau di bawah 10 persen.

Pantauan terkini.id, pada situs informasi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan nasional,  beberapa bank menurunkan suku bunganya.

Bank Mandiri (Persero), misalnya, meskipun cenderung menurunkan suku bunga pada 2017 lalu, namun cenderung masih di angka dobel digit. Khususnya untuk mikro, dan konsumsi.

Suku bunga kredit mikro Bank Mandiri saat ini mencapai 17,75 persen, kredit konsumsi KPR 10,25 persen, kredit konsumsi non-KPR 12 persen per Desember 2017.

Sementara, BNI, tercatat menerapkan suku bunga di angka 12,50 persen untuk kredit konsumsi KPR, sert 12,50 persen konsumsi non-KPR. Bank BRI, kredit mikro di angka 17,50 persen, kredit konsumsi KPR 10,25, dan non KPR 12,50.

Umumnya, kredit dengan suku bunga di bawah dobel digit, terjadi untuk jenis pembiayaan kelas besar, yakni segmen ritel dan korporasi. Di kisaran 9,95 persen.

Wakil Direktur Utama BNI, Herry Sidharta, mengemukakan, pihaknya masih mengecek informasi suku bunga dari regulator. Belum ada penyesuaian suku bunga di awal tahun ini.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri sudah terus berupaya mendorong penurunan suku bunga. “Inflasinya sudah rendah, suku bunga BI 7-Day sudah 4,5 persen. Logikanya harus diturunkan, diikuti oleh penurunan suku bunga deposito,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Agustus 2017 lalu, Presiden Jokowi sudah mengumpulkan kalangan otoritas perbankan, baik OJK maupun Bank Indonesia, dan meminta penurunan bunga bisa sampai di bawah 10 persen.

Komentar

Rekomendasi

Peletakan Batu Pertama Sunset Quay, Spot Wisata Kuliner Premium Pertama di Makassar

Kena Pajak Cukai, Harga Kantong Plastik Naik Jadi Rp500 Per Lembar di Minimarket

Perdana di Makassar, BCA Expoversary Siap Manjakan Nasabah, Berikut Jadwalnya

Makin Mewah, Yuk Intip Tampilan Baru Skutik Besar Honda PCX

Bank Sulselbar Terima Setoran ONH, Ditaksir Nilainya Mencapai Rp800 Miliar

100 Pembeli Pertama All New Beat Bisa Bawa Pulang HP Samsung

Malam Ini, Peluncuran All New Beat Bakal Dimeriahkan Marion Jola di Mal Panakkukang

Peletakan Batu Pertama Bumi Karsa Recidence jadi Kado HUT ke-52 PT Bumi Karsa

Jelang Peluncuran Dua Kluster Terbaru, GMTD Lakukan Open House Show

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar