Awaluddin Angkat Kearifan Lokal Lewat Film Seri Warkop Daeng Rahing

Seri Warkop Daeng Rahing

Terkini.id,Makassar Warung kopi pada mulanya adalah tempat berkumpul dan bercengkerama penduduk kota Ujung Pandang yang namanya berganti sejak tahun 1999 menjadi Makassar.

Seiring kemajuan  jaman dan perubahan kehidupan sosial masyarakat perkotaan, kebiasaan bercengkerama di Warkop menjadi berkurang digantikan oleh internet melalui sosial media nya.

Produser sekaligus Sutradara, Awaluddiin mengatakan jika dirinya ingin memanfaatkan film serial ini memotret kehidupan tersebut ke dalam cerita ringan berlatar komedi sosial yang disajikan dalam dialek atau gaya bertutur khas kota Makassar.

“Tujuannya mengingatkan kembali pada kearifan lokal tanpa harus menggurui,” tuturnya.

Menurut Awal, film ini berkisah sebuah warung kopi dengan drama orang-orang di dalamnya itulah yang menjadi warna-warni film seri WDR ini dan usahanya  bertahan untuk menempatkan silaturrahim sebagai fungsi utama sebuah warung kopi. Olehnya, di WDR tidak tersedia wifi.

“Walhasil, banyak terjadi benturan-benturan atau pergeseran nilai lama dan baru yang menyebabkan terjadinya situasi satire. Adapun unsur komedi dalam film seri ini tidak disajikan secara absurd dan slapstick melainkan lebih ringan, verbal, bahkan satir,” terangnya.

Dikatakan Awal bahwa rencananya film seri Warkop Daeng Rahing ini akan direlease melalui channel youtube “film seri warkop daeng rahing”.

“Anda sudah bisa subscribe sekarang untuk mengikuti proses produksinya, teaser dan kisah-kisah berseri yang tidak cuma bikin ketawa tapi sekaligus bikin merenung karena sindiran sosialnya,” ungkapnya.

Masih kata Dia, Seri pertama seri Warkop Daeng Rahing  ini segera diluncurkan di bulan April ini, dan secara periodik menyusul seri berikutnya. Durasi setiap seri nya berkisar 15-30 menit.

Tidak seperti web series lainnya, kisah film seri WDR ini cerita setiap seri-nya dibuat sesuai tema atau judul dan ceritanya tuntas pada setiap episodenya. Tapi uniknya meskipun tuntas, cerita pada episode sebelumnya tetap berkaitan ke episode berikutnya.

“Jadi penonton tidak “ta’gentung”, alias menggantung, tapi tetap penasaran untuk mengikuti lanjutan episode berikutnya,” imbuhnya.

Film seri WDR diproduksi oleh “INSPIRASINEMA” dengan dukungan kawan-kawan seniman, aktor, selebgram Makassar secara guyub. Para pemain al, Mama Tumming, Anjas Cambang, Muis Cestka, Wawan, Awaluddin Tahir dan siswa klas Akting (Casting) ini ke depan akan melibatkan semua ikon lokal Makassar dari segala profesi, insya Allah.

“Untuk mendukung film seri ini, silahkan subscribe channel-nya dengan cara, masuk ke youtube dan ketik: film seri warkop daeng rahing. Klik subscribe,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Indonesia Negara Keenam Paling Indah di Dunia

Terkini.id, Jakarta - Sebuah situs pariwisata yang berbasis di Inggris, roughguides.com mengumumkan 20 negara paling indah di dunia.Menariknya, Indonesia menduduki posisi nomor 6 sebagai