Awas, jangan hilangkan jerawat dengan cara ini

Jerawat tidak diingini hadir di wajah namun kondisi ini bisa terjadi karena cara yang salah merawat wajah

TERKINI.ID, – Siapa yang tidak pernah mengalami yang namanya jerawat di wajah. Tonjolan kecil pada wajah ini pada umumnya terjadi saat usia kita beranjak remaja. Ini dikarenakan saat remaja diri kita mengalami yang namanya pubertas, di mana hormon pada tubuh meningkat secara berlebih. Salah satu contoh hormon yang bisa menyebabkan jerawat sering muncul adalah hormon testosteron.

Hadirnya jerawat di wajah pastinya sangat mengganggu, mengurangi rasa percaya diri dan merasa kurang nyaman. Alhasil, kebanyakan dari mereka yang terkena jerawat berusaha untuk menghilangkannya dengan berbagai cara, namun ternyata salah. Berikut beberapa cara yang salah dan harus di hentikan saat hendak membasmi jerawat di muka.

1. Memencet jerawat

Memencet jerawat, memang cara cepat untuk menghilangkannya. Tapi meninggalkan bekas hitam di wajah, dan itu juga dapat mengurangi kecantikan kulit. Selain itu dapat membuat peradangan pada kulit, serta memperlambat proses penyembuhannya. Jerawat Anda memang hilang tapi meninggalkan bekas hitam yang membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkannya.

Baca :Jerawatan, 7 kesalahan mencuci wajah ini biangnya
Hindari jerawat, ini bukan cara yang benar menghilangkan jerawat

2. Sering berganti obat jerawat
Sebagian orang ada yang senang mencoba-coba berbagai produk, terutama jika ada produk baru. Sering mengganti obat jerawat dalam kurun waktu kurang dari dua minggu, dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih sensitive dan mudah rusak.

3. Menggunakan lebih dari satu produk kecantikan sekaligus

Menghilangkan jerawat menggunakan produk kecantikan sah sah saja, namun jika digunakan lebih dari satu dan sekaligus, justru dapat membuat kulit iritasi. Terlebih lagi jika kulit Anda masuk dalam kategori sensitive. Bukannya jerawat Anda berkurang malah bisa semakin banyak.

4. Salah menggunakan produk
Saat ini, ada berbagai produk yang memproduksi krim anti jerawat, atau untuk memutihkan. Namun jika Anda ingin menggunakan salah satu produk yang ada di pasaran, sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit Anda, jangan sampai produk yang ditawarkan memiliki kandungan yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah Anda. Bukannya mendapatkan wajah yang cantik dan mulus, melainkan semakin merusak wajah Anda.

5. Mengabaikan pelembab wajah
Karena takut menggunakan produk kecantikan yang dapat menimbulkan jerawat, terkadang seseorang lebih memilih untuk tidak menggunakan pelembab wajah. Padahal, faktanya kulit itu sangat membutuhan yang namanya hidrasi. Proses hidrasi ini bisa diperoleh dari produk pelembab. Maka dari itu, untuk memilih pelembab, usahakan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.