Awas, kebiasaan ini bisa menyebabkan De Quervain Syndrome

De Quervain, peradangan pada pergelangan tangan

Terkini.id, – Kebiasaan mengetik di handphone, laptop dan komputer menjadi salah satu penyebab De Quervain Syndrome atau peradangan pada tendon dan penutup tendon yang menggerakkan ibu jari ke arah luar.

Penyakit ini pertama kali diulas dalam sebuah tulisan oleh seorang dokter bedah dari Swiss pada tahun 1895. Dokter tersebut bernama Fritz de quervain. Nama penyakit ini diambil dari nama belakang dokter tersebut.

Penyebab De Quervain

Awalnya pada tahun 1980, ketika mesin cuci belum sebanyak ini, para wanita mencuci pakaian dengan cara manual. Kebiasaan mencuci manual dan membutuhkan tenaga otot untuk meremas pakaian. Penggunaan tenaga otot yang berlebihan disekitar pergelangan tangan menyebabkan muncul reaksi peradangan pada tendon-tendon. Gangguan ini disebut washer woman’s sprain pada masa itu.

Sekarang dengan adanya mesin cuci, menolong para ibu dan wanita pada umumnya sehingga kecenderungan mengalami hal ini tidak terjadi lagi pada saat mencuci pakaian.

Namun kebiasaan seperti banyak menulis, mengetik di handpone, laptop dan komputer, pekerjaan pengrajin dan pekerjaan lain, yang dapat memicu gesekan tendon-tendon dan penutup tendon otot pergelangan tangan( extensor pollicis brevis) dan otot abductor pollicis longus dengan prosesus styloideus radii, sehingga muncul reaksi peradangan pada tenosynivium (selubung pelindung pada tendon) yang akhirnya menjadi tendonitis (peradangan pada tendon yang biasa terjadi pada pergelangan tangan, siku, kaki, lutut, ujung jari).

Selain kebiasaan diatas, styloideus radii yang terlalu runcing, dan hypermobile wrist di duga menjadi penyebab lainnnya.

Hypermobile Wrist

Gejala De Quervain

Gejala yang ditimbulkan karena De Quervain Syndrome adalah rasa nyeri dan terjadi pembengkakan di area styloideus radii (tulang lengan bawah yang menhubungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari). Nyeri terjadi saat digerakkan ke arah ulnar deviasi wrist joint, fleksi yang disertai adduksi ibu jari. Nyeri juga terjadi akibat kelelahan dengan kurangnya kekuatan untuk menggenggam serta kemampuan menjepit. Pembengkakan biasanya terlihat pada kondisi yang bersifat kronik.