Awas! Memelototi Ponsel Seharian sampai Malam Bisa Mengakibatkan Buta

Terkini.id, Jakarta – Rutin memelototi layat laptop dan ponsel dalam waktu yang lama? hati-hati, kebiasaan itu bisa berakibat fatal, bahkan menyebabkan kebutaan.

Blue-light pada layar smartphone dan laptop bisa mempercepat kebutaaan, demikian berdasarkan studi terbaru.

Peneliti dari University of Toledo mengatakan terekspos untuk waktu yang lama dengan blue-light seperti ponsel, tablet, dan televisi bisa merusak penglihatan dan menyebabkan terciptanya molekul ‘beracun’ di sel mata yang peka terhadap cahaya.

Temuan ini sudah dipublikasikan pada 5 Juli 2018 di Scientific Reports.

“Jika Anda melihat jumlah cahaya yang terpancar dari ponsel Anda, itu tidak bagus tetapi tampaknya dapat ditoleransi,” kata Dr. Payton dalam rilisnya seperti dikutip dari CNET.

Menarik untuk Anda:

“Beberapa perusahaan telepon seluler menambahkan filter blue-light ke layar, dan saya pikir itu ide yang bagus.”

Penyakit mata seperti degenerasi makula disebabkan oleh kerusakan sel-sel peka cahaya di retina. Penyakit ini terkait usia dan dapat menyebabkan kebutaan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Brightfocus Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang mendukung penelitian, 11 juta orang di Amerika Serikat saat ini mengalami semacam degenerasi makula. Jumlah pasien kemungkinan akan berlipat ganda pada tahun 2050.

Dr Ajith Karunarathne, salah satu peneliti dan asisten profesor di University of Toledo, mengatakan kepada Guardian bahwa orang-orang harus mengenakan kacamata hitam yang dapat menyaring sinar UV dan blue-light dalam kegelapan.

Beberapa opsi lain untuk melindungi mata Anda termasuk mengenakan kacamata dengan lensa berwarna oranye atau oranye yang dapat menghalangi blue-light.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tahukah Anda? Klaster Kencan, Pesta dan Klinik Gigi Tertinggi Tularkan Covid-19

Bisa Lebih Produktif, Ini 6 Manfaat Besar Bersepeda untuk Para Pekerja

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar