Ayam Masak Saus Inggris Waroenk Podjok, Lezat Berkat Saus yang Khas

Ayam Masak Saus Inggris adalah salah satu varian chinese food yang laris diburu pelanggan di Waroenk Podjok. Menu ini adalah asimilasi menu Tiongkok dan beberapa negara Asia Selatan. / Effendy Wongso

TERKINI.id, KUPANG – Ayam Masak Saus Inggris Waroenk Podjok, Lezat Berkat Saus yang Khas. Menyoal kuliner dunia, tidak ada yang dapat memungkiri jika chinese food atau makanan yang berakar dari Tiongkok merupakan salah satu makanan paling populer. Karena kelezatannya, menu asal Tiongkok banyak diadaptasi negara lain seperti Jepang dan Korea.

Sementara itu, dalam perkembangan sejarah kuliner pula, dengan menyebarnya imigran Tiongkok di berbagai negara, maka restoran chinese food juga semakin menjamur, khususnya di wilayah pecinan (China Town) berbagai negara.

Salah satu varian menu chinese food yang tidak kalah lezatnya adalah Ayam Masak Saus Inggris. Menu ini dapat dikatakan “wajib” ada dalam paket dimsum yang biasanya disajikan dalam setiap gelaran makan bersama sebuah keluarga.

“Ayam Masak Saus Inggris yang merupakan menu ‘turunan’ dari daging cantonese yang kami sajikan di Waroenk Podjok sangat digemari pelanggan. Secara umum, untuk varian chinese food menu ini menempati rating-rating teratas dalam daftar pesanan,” jelas Marketing Communication and Public Relation Waroenk Podjok, Yunita Kitu dalam keterangan resminya di Waroenk Podjok, Lantai Dasar Transmart, Jalan WJ Lalamentik, Fatululi, Kupang, Rabu 12 September 2018.

Baca :Makan bersama keluarga di Waroenk Kupang, Marion Jola pesan Lava Chicken

Salah satu alasan Ayam Masak Saus Inggris sangat disukai, sebut wanita kelahiran 1996 itu, tidak lepas dari sausnya yang khas.

“Daging ayam pada menu ini memiliki cita rasa lezat karena sausnya yang sangat spesial. Sebelum dimasak, daging dipotong kecil-kecil (fillet), selanjutnya dimasak dengan ‘kecap inggris’. Lantaran dipotong kecil-kecil, sausnya lebih mudah meresap hingga ke seluruh bagian dalam daging ayam,” imbuhnya.

Yunita menguraikan, Ayam Masak Saus Inggris dimasak menggunakan lada hitam, ditambah potongan paprika merah dan paprika hijau. Kuahnya sedikit kental dan berwarna hitam.

Dijelaskan, meskipun saus pada menu tersebut bernama “inggris”, tetapi asal makanan itu bukan dari negara Inggris.

Diuraikan, banyak klaim terkait muasal negara pertama yang menciptakan kecap sebagai bahan utama saus inggris.
Adapun nama Inggris disematkan pada ‘kecap’ ini, imbuh Yunita, karena banyak orang Inggris yang dulunya menjajah India, membawa resep kecap atau saus ini ke Inggris.

“Kecap inggris merupakan peninggalan hubungan Inggris dengan India pada zaman kolonial yang menjadi populer sekitar 1830-an. Sejarah kuliner ini sendiri simpang siur karena di Tiongkok kecap itu ada jauh sebelum orang Inggris mempopulerkannya ke berbagai belahan dunia, seperti pada era Meiji di Jepang melalui India,” paparnya.

Baca :Nasi Goreng Yang Chow Waroenk Kupang laris diburu pelanggan

Ia menjelaskan, di Tiongkok kecap tersebut bernama “Lajiangyou”. Kecap ini banyak dijadikan saus terkait chinese food yang berakar pada cantonese food.

Adapun nama “cantonese” diambil dari salah satu provinsi ternama Tiongkok, Kanton (Guandong). Seperti diketahui sebelumnya, Kanton sudah sangat terkenal sebagai pencipta bumbu masakan yang khas dan lezat.

“Di restoran dimsum di Hongkong, kecap inggris disebut ‘gip jup’ dalam bahasa Kanton. Secara harfiah, penyedap untuk makanan,” tutup Yunita.

PenulisWong