Badan POM Makassar Akan Berkantor di Palopo

Badan POM Makassar
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan di Makassar, HG Kakerissa, saat diterima Walikota Palopo, HM Judas Amir

Terkini.id, Palopo – Balai besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Makassar melakukan koordinasi dengan pemerintah Kota Palopo sebagai bentuk tindak lanjut terbitnya peraturan Kepala Badan Pengawas Obat danĀ  Makanan (Badan POM) Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan di Makassar, HG Kakerissa, saat diterima Walikota Palopo, HM Judas Amir, di ruang Walikota Palopo, Rabu, 4 Juli 2018.

Menurut Kakerissa, koordinasi yang dilakukan Badan POM Makassar ini merujuk pada peraturan Kepala Badan (POM) Republik Indonesia No 12 Tahun 2018 tentang Operasional dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BP POM) serta terbentuknya Loka POM di Kota Palopo untuk Tahun anggaran 2018.

“Jadi kedepan BPOM bukan hanya di Makassar lagi, tetapi juga sudah ada di Palopo. Dan kalau sesuai Jadwal akan betoperasi pada Juli,” ungkap Kakerissa.

Lanjut Kakerissa, keberadaan UPT BPOM di Kota Palopo patut disyukuri karena dari 120 pemerintah Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang mengajukan persetujuan untuk mendirikan UPT, hanya Kota Palopo yang kemudian direkomendasikan.

“Upaya Walikota Palopo tentunya adalah hal yang utama, karena atas upaya meyakinkan, pihak BPOM RI akhirnya Palopo yang diberikan Rekomendasi,” ucapnya.

Sementara itu Walikota Palopo, HM Judas Amir, pada kesempatan yang sama menyampaikan akan menindaklanjuti hal baik tersebut di masa akhir jabatannya. Dan akan menyampaikan hal tersebut kepada Penjabat Waikota Palopo nantinya, agar segera diupayakan BPOM segera berkantor di Kota Palopo.

“Ada beberapa kantor yang dapat digunakan oleh BPOM Palopo untuk sementara, dan hal ini akan saya tindaklanjuti kepada PJ Walikota Palopo agar segera diupayakan dengan cepat,” ungkap Judas.

Hal tersebut dusampaikan Judas, karena tindak lanjut BPOM akan dilaksanakan setelah Pelantikan Pjs Walikota Palopo pada 9 Juli 2018 mendatang, dimana dirinya sudah tidak lagi menjabat Walilota Palopo.

BPOM
Walikota Palopo, HM Judas Amir, berkoordinasi dengan Badan POM Makassar

Keberadaan BPOM di Kota Palopo akan mengcover 7 wilayah kerja Kabupaten/Kota

Keberadaan BPOM di Kota Palopo akan mengcover 7 wilayah kerja yakni 4 Kabupaten Kota di Luwu Raya, Toraja Dan Toraja Utara serta Kabupaten Enrekang. Dan semua pemerintah daerah ini tidak akan lagi ke Makassar yang cukup jauh hanya untuk mempertanyakan kehalalan makanan dan minuman.

Pada akhir Rakor dilaksanakan penyerahan plakat dari masing-masing pihak yakni Walikota Palopo HM Judas Amir dan BPOM Makassar.

Turut hadir Dirut RSUD Sawerigading, dr Nasaruddin, Kepala Dinas Kesehatan dr Ishak, Kadis Perdagangan Kota Palopo, Zulkifli Halid, serta Kepala Dinas Perindustrian Kota Palopo, Akkaseng.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Cantik

Hilangkan Bulu Kaki dengan Mudah dan Alami

Terkini.id, - Bulu kaki bagi sebagian wanita sangat mengganggu penampilan. Banyak wanita yang menginginkan memiliki kaki yang mulus dan bebas bulu.Menghilangkan bulu kaki