Bahas Kesiapan Pembelajaran di New Normal, Prodi Fisika UMMA Gelar Webinar

Bahas Kesiapan Pembelajaran di New Normal, Prodi Fisika UMMA Gelar Webinar

Terkini.id, Makassar – Tim dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros (UMMA) melaksanakan Webinar pendidikan dengan tema “Adaptasi dan Kesiapan Pembelajaran Eksperimen di Masa New Normal,” Sabtu, 22 Agustus 2020.

Kegiatan yang berlangsung via aplikasi Zoom tersebut dihadiri oleh Dekan FKIP UMMA sekaligus memberikan sambutan.

Pada acara inti diisi oleh dua pemateri yaitu Ketua MGMP Fisika SMA/MA, Muh Akbar, S.Pd.,M.Pd dan Kepala Laboratorium Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar, Muh Syihab Ikbal,S.Pd.,M.Pd.

Turut berpartisipasi para dosen, guru dan pelajar dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah se-Indonesia. Hingga jumlah partisipan mencapai seratus orang dan lebih dari delapan ratus pemirsa YouTube.

Acara ini dipandu oleh Host, dosen Pendidikan Fisika Fitriani Kadir, S.Pd., M.Pd.

Menarik untuk Anda:

“Webinar tersebut bertujuan sebagai pengenalan metode belajar bagi semua kalangan yang bergelut di dunia pendidikan khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode eksperimen,” ujarnya.

“Sebab di era kenormalan baru yang dicanangkan pemerintah masih banyak sekolah yang melakukan pembalajaran daring, sehingga sangat perlu pengenalan metode sebagai adaptasi,” sambungnya.

Ia mengatakan, tidak dapat dipungkiri bahwa pembalajaran eksperimen masih sulit dilakukan dengan jarak jauh.

“Kebingungan mengenai cara melakukan percobaan yang sesuai dengan materi yang disampaikan dengan keterbatasan alat yang mungkin dimiliki oleh peserta didik masih sering menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditargetkan,” ujarnya.

Sementara menurut Kaprodi Pendidikan Fisika Syamsuriana Basri, S.Pd., M.Pd, masa pandemi covid-19 yang melanda Indonesia membawa dampak negatif terhadap berbagai sektor termasuk dalam dunia pendidikan.

Sehingga, kata Syamsuriana, dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, terutama di masa peralihan dari masa pandemi ke era new normal.

“Dengan webinar ini dapat memberi gambaran bahwa pembelajaran eksperimen dapat dilakukan meskipun dengan jarak jauh. Dengan memanfaatkan teknologi maupun alat dan bahan seadanya terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil,” ujarnya.

Citizen Reporter : Faisal Hidayat

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Hari Kedua ICSHAIS 2020 STAI DDI Kota Makassar, Paralel Pertama Berlangsung dengan 10 Sesi

STITEK Balik Diwa Makassar Lakukan Desiminasi Minabisnis Penguatan Pangan di Masa Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar