Bahas Penegakan Perda KTR dalam Angkot, Hasanuddin Contact Sambangi Dishub Makassar

Terkini.id, Makassar – Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menerima Tim Hasanuddin Contact  yang dipimpin oleh Prof. Alimin, Rabu, 9 Oktober 2019, di Dishub Makassar, Jalan Malengkeri.

Pertemuan ini membahas rencana kerjasama antara Hasanuddin Contact dalam implementasi dan penegakan Perda KTR di wilayah kewenangan DinasPerhubungan Kota Makassar, terutama di dalam angkutan umum, Pete-pete.

Pete-Pete adalah angkutan umum yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Kota Makassar. Namun, mobil angkutan berwarna biru ini masih lemah dalam penegakan Perda KTR.

Dalam pertemuan dengan pihak Dishub, Ismi selaku Manajer Monitoring dan Evaluasi di Hasanuddin Contact menyampaikan hasil survey tahun 2018 tentang tingkat kepatuhan masyarakat terhadap aturan Kawasan Tanpa Rokok di pete-pete masih sangat minim.

“Hal ini karena masih kurangnya pete-pete yang memasang stiker atau tanda tidak boleh merokok dan masih ada oknum penumpang serta supir yang merokok saat berkendara,” ungkap Ismi.

“Bukan hanya melanggar peraturan daerah Kota Makassar, perilaku supir pete-pete merokok sambil berkendara ini juga telah melanggar Peraturan Menteri Perhubungan No. 12 tahun 2019 Pasal 6 Huruf C,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Makassar menyambut dengan baik gagasan tersebut guna membebaskan Kota Makassar dari bahaya asap rokok.

“Perjanjian kerjasama terkait hal ini semoga segera bisa kita wujudkan di bulan November ini sekaligus momentum dalam peringatan Hari Jadi Kota Makassar di tanggal 9 November 2019, nanti,” ujarnya.

Berita Terkait