Bahas Pengembangan Pariwisata, FoSSEI Sulsel dan Papua Gelar FGD

fossei sulsel
Bahas Pengembangan Pariwisata, FoSSEI Sulsel dan Papua Gelar FGD

Terkini.id, Parepare – Focus Group Discussion (FGD) adalah agenda tahunan yang digelar oleh Forum Sejarah Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) regional Sulsel dan Papua.

Berlangsung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Minggu 27 Januari 2019, tema FGD kali ini mengangkat topik “Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia melalui optimalisasi wakaf dan sociopreneur.”

Khusus untuk tahun ini, Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) IAIN Parepare menjadi tuan rumah.

Kegiatan ini diikuti 12 Universitas, di antaranya STAIN Palopo, Unhas, UIN Alauddin Makassar, Stiem Bongaya, Universitas Muhammadiyah Parepare, IAIN Parepare, Al-azhar Gowa, Universitas Muhammadiah Makassar, Universitas Muslim Indonesia, IAIN Bone, DDI Polman, dan KSEI dari Papua.

Ada dua agenda pada kegiatan ini, yakni pemaparan hasil penelitian dalam bentuk paper, dan juga pelatihan audiensi.

Kedua belas kampus tersebut akan memaparkan hasil karya penelitian dalam bentuk paper kemudian akan didiskusikan bersama dengan KSEI yang lainnya.

Khusus untuk UIN Alauddin Makassar memaparkan penelitian mengenai “Pemanfaatan wakaf tunai dan wakaf buku dalam pengembangan perpustakaan sebagai daya tarik wisata masjid Al-Markaz Al-Islami Kota Makassar.”

Selanjutnya hasil review akan dijadikan bahan evaluasi oleh setiap KSEI untuk dibenahi kembali kekurangan pada hasil penelitian.

Harapan Kamaluddin selaku Koordinator Regional Sulsel dan Papua yakni agar ide- ide yang tertuang dapat tersampaikan langsung ke pihak terkait.

“Kami berharap ide yang tertuang itu, dapat tersampaikan langsung ke pihak terkait , semisal Dinas Pariwisata, dan juga agar hasil penelitian kami dapat di publis oleh media media,” ucap Kamaluddin.

Citizen Reporter: Rahmania Nia

Komentar
Terkini
Kampus

Empat Prodi di Unhas Raih Akreditasi Internasional ASIIN

Terkini.id, Makassar - Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar acara syukuran yang dirangkaiakan dengan penyerahan Sertifikat ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften