Bahas Pers Online, LPM Bioma FMIPA UNM Gelar DJMTD 2019

Pers Online
Bahas Pers Online, LPM Bioma FMIPA UNM Gelar DJMTD 2019

Terkini.id, Makassar – Peserta Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2019 menerima materi terakhir yakni Pers Online oleh Dian Muhtadiah Hamna.

Kegiatan ini digela olehr LPM BIOma HIMABIO FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Minggu 14 April 2019.

Dalam pemaparan materinya, Dian mengatakan bahwa pers online adalah kegiatan jurnalistik menggunakan penyampaian informasi lewat online.

“Minat baca media cetak dalam hal ini koran telah menurun drastis lima tahun terakhir dan tergantikan oleh online dengan penggunaan internet dan komputer atau handphone sebagai mediator kepada komunikan,” ungkapnya.

Adapun macam-macam pers online, kata dia, di antaranya email, blog, portal berita serta aplikasi social media.

Dian: Pers online bukan hanya milik wartawan

Selain itu, kata Dian, dalam pers online, tulisan itu bukan hanya milik wartawan saja tapi semua orang karena ada yang dikenal dengan “Citizen Reporter”.

“Pers online itu juga bukan hanya milik wartawan, tetapi ada juga yang disebut citizen reporter yakni siapa saja bisa melakukan kerja-kerja dari jurnalistik itu sendiri,” tutur Dosen Unismuh Makassar ini.

“Untuk menjadi wartawan yang baik kita perlu untuk mencintai profesi terlebih dahulu,” pungkasnya.

Citizen Reporter: Sari Bulan Wahyuni

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Jelang Hari Kesiapsiagaan, BPBD Gowa Lakukan ini

Terkini.id,Gowa - Dalam rangka memperingati hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 pada Jumat, 26 April 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
Gowa

Gowa Akan Bangun Perpustakaan Ramah Ibu dan Anak

Terkini.id,Gowa - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan membangun perpustakaan umum dengan layanan ibu dan anak.Hal tersebut dibahas saat pihaknya melakukan
Gowa

BPN Bakal Serahkan 7000 Sertikat PTSL di Gowa

Terkini.id,Gowa - Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan kembali menyalurkan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 7.000 sertifikat.Hal ini diungkapkan Kepala BPN Gowa, Awaluddin