Bahas Rancangan Kapal Penyeberangan, Teknik Perkapalan Unhas Gelar FGD

Teknik Perkapalan Unhas
Bahas Rancangan Kapal Penyeberangan, Teknik Perkapalan Unhas Gelar FGD

Terkini.id, Makassar – Negara Indonesia dikenal sebagai salah satu wilayah kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulaunya yang melebihi 17.000.

Dengan jumlah pulau sebanyak itu, mengharuskan dikembangkannya sebuah rancang bangun kapal penyeberangan untuk menjembatani konektivitas dan mendukung lalu lintas antar pulau.

Hingga sekarang ini, tercatat kurang lebih 143 kapal penyeberangan yang telah beroperasi di seluruh Indonesia dengan berbagai ukuran.

Sementara itu, total jumlah lintasan kapal penyeberangan baik yang dilayari oleh kapal Ferry Ro-Ro komersil maupun perintis adalah 214. Berdasarkan pada data ini, jumlah 143 kapal penyeberangan di atas terasa masih kurang.

Sementara itu dari jumlah kapal penyeberangan yang ada, masih terdapat ketidaksesuaian antara dimensi kapal dengan alur pelayarannya. Sebagai akibatnya, optimisasi pelayanan masih terasa sulit untuk diwujudkan. Hal ini berlaku untuk semua alur pelayaran di Indonesia.

Menyadari hal ini, Departemen Teknik Perkapalan Unhas yang bekerja sama dengan Center of Technology Fakultas Teknik Unhas kemudian mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada Sabtu, 16 Maret 2019, bertempat di Golden Hotel Essential, Makassar.

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Penguatan Sistem Angkutan dan Rancang Bangun Kapal Penyeberangan.”

Teknik Perkapalan Unhas
Teknik Perkapalan Unhas Gelar FGD

Tujuan Kegiatan

Tujuan dari pelaksanaan FGD ini adalah mencoba untuk identifikasi semua masalah dan potensi penyelesaiannya yang berkaitan dengan belum kuatnya sistem angkutan dan rancang bangun kapal penyeberangan yang sudah beroperasi di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Selatan dan beberapa provinsi yang berbatasan laut langsung dengan Sulawesi Selatan.

Tindak lanjut dari kegiatan ini berdasarkan pada output dari FGD ini adalah akan dibuat sebuah sistem angkutan yang disertai dengan rancang bangun kapal penyeberangan khusus untuk wilayah Sulawesi Selatan yang terkoneksi dengan beberapa wilayah provinsi lain yang berdekatan.

Panelis yang diundang pada FGD ini adalah beberapa pakar yang sesuai dengan tema yang diusung dan terdiri dari Ir Chandra Irawan (Direktur Transportasi Kementrian Perhubungan), Ir Edy Widarto MEng (Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia Makassar), Dr Eng Nasaruddin MT (Direktur Center of Technology Fakultas Teknik Unhas) serta Dr Ir Syamsul Asri MT (Pakar Rancang Bangun Kapal Penyeberangan dari Departemen Teknik Perkapalan Unhas).

Kegiatan ini akan dimoderatori oleh Dr Ir Ganding Sitepu Dipl Ing (Dosen Departemen Teknik Perkapalan Unhas dan Ketua Program Studi S2 Transportasi Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin).

Peserta FGD ini adalah dari Dinas Perhubungan dan Bappeda semua Kabupaten/Kota yang berada di daerah pesisir wilayah Sulawesi Selatan serta beberapa dari Provinsi yang berbatasan langsung dengan wilayah Sulsel.

Citizen Reporter: Mohammad Rizal Firmansyah

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Jeneponto

Letkol Arh Sugiri di Mata Bupati Jeneponto

Terkini.id,Jeneponto - Bupati Jeneponto, Iskandar, merasa sangat terbantu dalam mewujudkan program pemerintah selama Letkol Arh Sugiri menjabat sebagai Dandim 1425 Jeneponto.Hal itu disampaikan saat