Bahaya Implan KB, Wanita Ini 3 Bulan Alami Pendarahan Gegara Implan Pindah ke Paruparu

Terkini.id, Portugal – Seorang wanita berusia 31 tahun di Portugal mengalami pendarahan pada vaginanya. Penyebabnya diduga lantaran implan KB berpindah ke paruparu.

Wanita tersebut dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami pendarahan di area vagina selama 3 bulan.

Sebelumnya, wanita ini diketahui telah menggunakan implan KB selama 8 tahun tanpa masalah. Akan tetapi, belakangan tiba-tiba wanita ini mengalami pendarahan selama 3 bulan.

Wanita itu pun dilarikan ke rumah sakit. Tetapi, dokter yang menanganinya justru tidak bisa menemukan KB impannya yang biasanya bisa terlihat seperti batangan kecil di bagian lengan.

Tim medis dari departemen ginekologi rumah sakit di Viana do Castelo sempat kebingungan mencari letak KB implannya.

Setelah melakukan pemindaian, dokter melihat ada batangan aneh di bagian bawah paru-paru kiri wanita tersebut. Ternyata KB impan wanita ini telah bergeser dari lengan ke bawah paru-parunya.

“Jika KB implan dipasang dengan benar dan mendalam, alat ini akan masuk ke lengan dan diserap oleh pembuluh darah agar mengalir dalam tubuhnya melalui aliran darah,” tulis tim medis yang mengangani kasus ini dikutip dari The Sun.

Tetapi, wanita 31 tahun ini juga tidak merasakan kesakitan selama KB implannya bergerak hingga berpindah ke paru-paru bawah. Dokter pun segera menyarankan untuk mengambil tindakan operasi.

Setelah operasi, wanita itu pun perlahan pulih dan kembali ke rumahnya setelah 4 hari. Hanya saja, dokter belum bisa menjelaskan penyebab pendarahan vagina wanita tersebut.

Tetapi, tim medis mengingatkan agar semua wanita memeriksakan KB implannya secara teratur agar tidak mengalami kondisi seperti wanita 31 tahun tersebut.

Pemeriksaan secara rutin itu juga mencegah KB implan bergerak dan berpindah tempat. Terutama wanita bertubuh kurus yang lebih berisiko mengalami kondisi ini.

Komentar
Terkini