Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Ilustrasi : Fogging Nyamuk

Terkini.id, – Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di tanah air, karena musim hujan membuat nyamuk mudah berkembangbiak di tempat-tempat genangan air. Sehingga perlu dilakukan pembasmian. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan atau fogging nyamuk.

Penyemprotan fogging nyamuk rutin dilakukan oleh pemerintah setempat untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti dewasa yang bisa menularkan penyakit DBD pada manusia.

Penyemprotan yang ditujukan untuk membunuh serangga kecil seperti nyamuk dengan gas fogging akan ikut terhirup oleh manusia dan hewan peliharaan.

Bahayakah bagi tubuh manusia jika menghirup gas gas fogging?

Fogging nyamuk adalah gas insektisida yang dibuat dari zat kimia pyrethroid sintetis. Zat ini umumnya banyak ditemui dalam semprotan pembunuh nyamuh dan serangga yang biasa dijual dipasaran.

Ilustrasi, salah satu obat foging nyamuk DBD

Dilansir dari hellosehat.com, gas untuk fogging nyamuk telah diracik menurut standar kesehatan yang dipastikan tidak membahayakan manusia atau hewan peliharaan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kandungan insektisida dalam gas fogging tersebut sangat minim sehingga hanya mampu membunuh serangga kecil seperti nyamuk.

Namun jika manusia atau hewan peliharaan menghirup gas ini secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping bagi manusia.
Meski dinyatakan aman untuk manusia, pada dasarnya gas fogging adalah zat beracun yang jika dihirup dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan efek samping yaitu keracunan.

Gejala keracunan gas fogging pada manusia
Kebanyakan menghirup gas fogging menimbulkan gejala keracunan seperti batuk, mual, muntah, produksi air liur meningkat, mata merah, kulit gatal, berkeringat, napas terengah-engah, sakit perut bahkan hilang kesadaran.

Selama seseorang tidak menunjukkan tanda-tanda keracunan, tidak perlu kawatir dengan gas fogging. Racun dari gas fogging yang terhirup akan disaring oleh organ hati. Kemudian racun tersebut akan dikeluarkan melalui urin dan tinja.

Bagi ibu hamil, hal ini tidak berpengaruh bagi bayi yang dikandungnya ketika si ibu menghirup gas fogging. Akan tetapi menjadi berbahaya apabila ibu hamil menunjukkan tanda-tanda keracunan.

Pertolongan pertama ketika alami keracunan gas fogging nyamuk

Jika Anda keracunan akibat gas fogging yang harus dilakukan adalah menjauhkan diri dari lokasi fogging. Kemudian segera minum susu sapi putih yang bisa membantu menetralkan racun yang terhirup saat fogging. Jika kondisi keracunan cukup berat segera mencari layanan kesehatan gawat darurat untuk pertolongan selanjutnya.

Jika mata Anda mengalami iritasi karena gas fogging segeralah mencuci mata dengan air bersih yang mengalir selama kira-kira 15 menit. Demikian juga jika kulit Anda terasa gatal karena paparan gas fogging segeralah bilas kulit dengan air bersih yang mengalir dan ganti pakaian Anda.

Apa yang harus dilakukan sebelum dilakukan penyemprotan gas fogging

Pastikan Anda sudah mengetahui jadwal fogging di wilayah Anda dan sebelum penyemprotan dilakukan, sebaiknya Anda sudah membungkus perabotan dan barang-barang di rumah dengan plastik atau Koran bekas.

Menutup dan menyimpan semua makanan yang terbuka dalam lemari. Mengosongkan bak mandi atau penampungan air yang ada di dalam rumah. Membuka lebar-lebar seluruh pintu dan jendela ketika penyemprotan berlangsung.

Sebaiknya Anda dan seluruh anggota keluarga memakai masker dan menjauhi lokasi penyemprotan sampai gas fogging di udara sudah berkurang.

Apa yang harus dilakukan setelah dilakukan penyemprotan gas fogging

Setelah dilakukan penyemprotan gas foging, lakukan pembersihan rumah Anda menyeluruh, pel lantai, lap jendela dan seluruh perabotan. Pastikan tidak ada sisa – sisa racun yang menempel dan tertinggal dipermukaan perabot rumah. Kuras kembali bak mandi dan penampungan air sampai bersih dan pastikan tidak ada sisa zat yang ditinggalkan karena penyemprotan tersebut.

Komentar
Terkini