Balai Perkeretaapian Rencana Uji Coba Jalur KA Trans Sulawesi Mei Atau Juni

Rel Kereta Api Trans Sulawesi / DOK.MT

Terkini.id — Balai Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan tengah menyelesaikan proses pengerjaan jalur rel kereta api di Kabupaten Barru sepanjang 42,8 km.

Rencananya setelah rampung langsung dilakukan uji coba jalur. Diprediksi proses uji coba akan dilakukan antara bulan Mei atau Juni.

“Secara umum progresnya, di Barru mungkin sekitar Mei atau Juni kita minta pengujian jalur sebelum dioperasikan,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Konstruksi Rel Kereta Api, Dirjen Perkeretaapian, Doni Adi Kuncoro, Rabu 13 Maret 2019.

Tahapan selanjutnya, kata Doni, fokus pembebasan lahan untuk jalur rel Pangkep-Maros. Untuk jalur Pangkep-Maros. Hanya saja sampai saat ini belum ada progres yang signifikan.

“Sekarang lagi review BPKP, sambil lagi musyawarah dengan warga untuk pembebasan lahannya untuk Maros-Pangkep,” katanya.

Pihaknya memprediksi jika tidak ada kendala berarti, rel terhubung dari Barru sampai Mandai tampung pada 2020-2021.

Sementara rel yang menghubungkan Parepare sampai Mandai (Maros) diprediksi pada 2022-2023. Skemanya pun berbeda, pemerintah akan menggandeng investor untuk anggarannya.

“Nanti skemanya berbeda, Makassar-Mandai dan Palanro (Barru)-Parepare itu, nantinya akan menggunakan dana investasi, diagendakan seperti itu. Mudah-mudahan banyak yang berminat. kalau sudah ada investornya kita targetkan 2022-2023 rampung Makassar-Parepare,” pungkasnya.

Komentar
Terkini