Makassar Terkini
Masuk

Band SMK Telkom Makassar Jadi Finalis Pucuk Cool Jam 2019

Terkini.id, Makassar – Grup band siswa SMK Telkom Makassar Sonar Music Ent, menjadi finalis Pucuk Cool Jam 2019. Sonar Music akan beradu aksi dan berkolaborasi di panggung Pucuk Cool Jam Festival 2019 ‘COOLaboration Unlocked’ di Lapangan PPI Pussentif Bandung, 9 Maret 2019.

“Bertepatan dengan hari musik nasional,” kata Erick Harijanto, Marketing Manager Teh Pucuk Harum saat mengunjungi SMK Telkom Makassar, Selasa 26 Februari 2019.

Sonar Music terdiri dari lima personil. Arya pada vocal, Ari pada gitar, Satya pada bass, Rayhan pada keyboard, dan Lois pada drum.

Bandi ini sudah berdiri sejak 2018. Nama band diambil dari teknologi sonar. Yaitu alat yang menggunakan gelombang suara. Untuk mendeteksi objek di bawah permukaan air.

Teknologi sonar ini pun menjadi visi dari band. Bagaimana gelombang suara bekerja. Meski tidak terlihat, tapi bisa dirasakan. Genre musiknya pop.

Sonar Music menuju final Pucuk Cool Jam 2019

Perjalanan Pucuk Cool Jam 2019 mendekati tahap final. Sukses menjaring hampir 300 peserta melalui digital audition. Sebanyak 60 sekolah terpilih di wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, dan Makassar. Telah dikunjungi untuk menampilkan band dan ekstrakurikuler kebanggaan sejak 22 Januari hingga 14 Februari 2019 lalu.

Setelah melewati proses penilaian yang ketat dari M Adri Prakarsa selaku juri kategori band dan Evelinn Kurniadi selaku juri kategori ekstrakurikuler, akhirnya 6 band dan ekstrakurikuler dinyatakan lolos mewakili kotanya masing-masing sebagai finalis Pucuk Cool Jam 2019.

Persiapan dan arahan yang matang seperti konsep performance art, skill bermusik, dan juga elemen penunjang live performance yang apik tentu saja diperlukan para finalis agar bisa tampil maksimal dan percaya diri di perhelatan Pucuk Cool Jam Festival 2019.

Melalui ajang Pucuk Cool Jam, Teh Pucuk Harum sebagai brand RTD Tea favorit anak muda di Indonesia memberikan kesempatan kepada para finalis untuk mengasah kreativitas dan kemampuan bermusik melalui workshop kreatif dengan melibatkan SAE Indonesia sebuah lembaga pendidikan media kreatif untuk memberikan materi yang komprehensif .

“Teh Pucuk Harum turut bangga atas terpilihnya 6 finalis band dan ekstrakurikuler sebagai finalis Pucuk Cool Jam 2019,”ungkap Erick.

Pada tahap final nanti, tentunya para finalis akan merasakan euforia yang berbeda dari biasanya, yaitu unjuk gigi di panggung yang lebih besar. Proses penilaian pun akan semakin ketat dari para tim juri.

Untuk itu, Teh Pucuk Harum ingin memberikan pembekalan agar finalis bisa memberikan performa terbaik di panggung Pucuk Cool Jam Festival 2019. Teh Pucuk berharap agar Pucuk Cool Jam bisa menjadi sebuah wadah untuk mengasah kreativitas dan kemampuan bermusik.

“Kami menggandeng SAE Indonesia sebagai institusi pendidikan media kreatif yang kredibel di bidang musik untuk menggelar rangkaian workshop kreatif dengan materi yang komprehensif di masing-masing sekolah yang terpilih,” ungkap Erick.

Workshop musik Pucuk Cool Jam 2019

Rangkaian workshop diselenggarakan pada 23 Februari 2019 hingga 1 Maret 2019 bertempat di masing-masing sekolah yang terpilih sebagai finalis Pucuk Cool Jam 2019.

Sesi workshop disampaikan oleh figur-figur kompeten di bidangnya dengan materi khusus yang praktikal seperti bagaimana mempersembahkan penampilan live music dengan sukses dan maksimal dimana materi tentunya sangat dibutuhkan bagi para finalis band.

Selain itu, materi workshop ini juga membahas bagaimana pentingnya aspek visual komunikasi dalam sebuah penampilan dimana aspek visual dalam sebuah performance art perlu dieksplor dengan matang dan menarik agar penonton mampu memahami apa yang ingin disampaikan oleh penampil.

Tak hanya selalu membahas mengenai skill, pada sesi workshop kreatif ini juga disampaikan mengenai pentingnya pemanfaatan tren sosial media sebagai media untuk “mempromosikan diri”, seperti yang diulas oleh Noor Kamil salah satu pengajar SAE Indonesia yang sudah berpengalaman selama 12 tahun di bidang perusahaan studio rekaman musik.

Untuk bisa sukses di industri kreatif masa kini, setidaknya kita perlu memanfaatkan tren yang sudah ada. Salah satunya sosial media yang kini sedang booming.

Channel sosial media yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk dapat menunjang performance branding dari sebuah grup kreatif dimana dalam hal ini adalah band atau ekstrakurikuler dari teman-teman finalis Pucuk Cool Jam 2019.

Pelaksanaan workshop di masing-masing sekolah pun bertujuan agar tak hanya finalis saja yang berkesempatan mendapatkan materi. Seluruh siswa yang berminat pun bisa ikut serta menggali ilmu dan mengasah kreativitas di workshop tersebut. Bersama-sama saling mendukung rekannya yang akan maju ke tahap final Pucuk Cool Jam 2019.

“Teh Pucuk Harum berharap dengan diselenggarakannya workshop ini dapat memberikan inspirasi dan ide-ide segar bagi para finalis Pucuk Cool Jam,” tutup Erick Harijanto.