Bangun Budaya Literasi Digital, Startup Kolong Kata Hadir di Makassar

Kolong Kata
Direktur Operasional Kolong Group, Ihsan Wahyudi Kangka

Terkini.id, Makassar – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama stratup Makassar, Kolong Kata, menggelar Diskusi Literasi di Etika Studio Cafe Makassar, Sabtu, 14 September 2019, malam.

Mengusung tema ‘Diskusi Literasi 4.0’, kegiatan ini menghadirkan pembicara Duta Literasi UIN Askar Nur, dan Redaktur Kolongkata.com Nurwahidin.

Kegiatan ini sendiri digelar dalam rangka mengkampanyekan budaya literasi di era teknologi industri 4.0 sekaligus membuka ruang kepada penulis-penulis pemula yang belum memiliki wadah.

“Sifatnya kita ini apapun tulisannya tetap mengakomodasi untuk dimuat di aplikasi Kolong Kata, tentunya setelah melewati proses verifikasi dan perbaikan dari penulisnya sendiri,” kata Direktur Operasional Kolong Group, Ihsan Wahyudi Kangka.

Dengan hadirnya aplikasi Kolong kata, Ihsan berharap literasi bukan lagi menjadi barang yang ‘mahal’ dan tak dapat lagi diakses, karena literasi saat ini sudah berada di ujung jari kita.

“Saat ini, kita bisa berliterasi dimanapun dan kapanpun dengan menulis di aplikasi sekaligus membaca di aplikasi meskipun itu adalah tahap awal dalam dunia literasi di era digital sekarang ini,” ujar Ihsan.

Kolong Kata
Suasana Diskusi Literasi UKM Seni UNM dan Kolong Kata

Tentang aplikasi Kolong Kata

Kolong Kata sendiri, kata Ihsan, merupakan ruang yang diberikan kepada masyarakat yang gemar membaca dan menulis. Bahan bacaan dan ruang menulis tersebut diwadahi oleh aplikasi startup Kolong Kata.

“Dari tulisan-tulisan yang masuk tiap minggunya dievaluasi dan dipilih 5 tulisan favorit versi redaksi kami, dan satu diantaranya yang terfavorit itu diapresiasi dalam bentuk honor bagi penulisnya,” jelas Ihsan.

“Dan tiap bulan dari semua tulisan favorit per pekan berkisar 20-25 tulisan dikurasi lagi oleh pihak eksternal di luar Kolong Kata untuk dipilih 15 tulisan untuk dibukukan secara digital (e-book, red) dan dinikmati di Kolong koleksi,” sambungnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan pegiat literasi di Makassar. Turut hadir perwakilan dari berbagai komunitas literasi.