Bangunan infrastruktur megah ini bukan di Eropa, tapi di Indonesia!

PLTB Sidrap merupakan Salah satu investasi yang banyak menyerap lapangan kerja.(tribunnews)

terkini.id – Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, infrastruktur di dalam negeri dipacu dengan kencang. Jembatan, jalan tol, hingga stadion yang megah, dibangun dengan standar internasional.

terkini.id menghimpun beberapa infrastruktur yang sudah rampung dan sedang dibangun oleh pemerintah, yang kemegahannya seperti infrastruktur di Eropa, atau Amerika.

Sejumlah infrastruktur tersebut, dibangun oleh pemerintah, investasi swasta, maupun kolaborasi pemerintah dengan swasta.

Berikut beberapa bangunan infrastruktur tersebut:

1. Kincir Angin Sidrap

Kincir angin Sidrap (tribunnews)

“Kebun Angin” Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang dibangun di Desa Mattirotasi, Sidrap, Sulawesi Selatan ini, merupakan yang terbesar dibangun di Indonesia. Dibangun oleh PT UPC, dengan 30 turbin angin, dan kapasitas 2,5 MW. Akan beroperasi di tahun ini.

2. MRT Jakarta

MRT di Jakarta (tribunnews.com)

Proyek jalur kereta bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) di Ibu Kota Jakarta ini dibangun dengan panjang 77 meter, dan akan beroperasi 2019 mendatang.

3. Tol di Jakarta

Istimewa

Ini bukan pemandangan di salah satu jalur tol di New York. Ini pemandangan sebuah jalan tol di Ibu Kota Jakarta. Keren kan!

4. Stadion GBK

GBK (Dok Presiden RI)

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang baru selesai direnovasi ini berkapasitas 80.000 penonton, dan mengikuti standar FIFA. Diterangi dengan lampu berkekuatan 3.500 lux, mengungguli stadion olimpiade dan paralimpiade Tokyo 2020.

5. Jalan Tol Belawen-Salatiga

Jalan Tol Belawen-Salatiga (KemenPU-Pera)

Jalan tol yang menghubungkan Semarang-Solo ini panjangnya 17,6 kilometer. Jalan yang melintas di antara gunung, dan hutan-hutan dan membuat membuatnya indah. Jalan ini menyajikan pemandangan gunung Merapi dan Merbabu.

6. Simpang Susun Semanggi

Simpang Susun Semanggi (kompas.com)

Jalan layang non-tol melingkar yang mengurai kemacetan di pusat kota Jakarta ini, dibangun tanpa menggunakan anggaran pemerintah. Panjangnya 1.622 meter.

7. Jembatan Holtekamp

Jembatan Holtekamp (Dok Presiden Jokowi)

Dari namanya, jangan langsung disimpulkan ini di Belanda ya. Ini adalah jembatan dengan panjang 732 meter yang sementara dibangun di Jayapura, Papua. Untuk membangun jembatan ini, bentang tengahnya dibawa dari Surabaya.

8. Jalan Layang Tanjung Priok

Dok (Kementerian PUPR)

Jalan bebas hambatan ini dibangun pemerintah lantaran lalu lintas dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok sangat padat dan rata-rata diisi angkutan berat. Jalan tol akses ke Tanjung Priok ini panjangnya 2,74 kilometer.

9. Jembatan Tayan

Jembatan Tayan (liputan6.com)

Jembatan terpanjang di Indonesia ini ada di Kalimantan. Uji coba jembatan ini sudah dilakukan pada Februari 2016 silam. Panjangnya mencapai hingga 5,3 kilometer.

Komentar

Rekomendasi

Tak Ada APD, Perawat Ini Terpaksa Komunikasi dengan Pasien Lewat Grup WA

BMKG Rilis Kondisi Suhu dan Kelembaban Udara yang Disukai Virus Corona

Bulan Ramadan, Ulama Imbau Salat Tarawih di Rumah dan Idul Fitri Juga di Rumah

Mahfud MD Tegaskan Napi Korupsi Tidak Bakal Dibebaskan: Lebih Baik Diisolasi di Lapas

Polisi akan Tindak Tegas Masyarakat yang Berkumpul di Tengah Wabah Corona

Ternyata ini Kunci Pemutus Rantai Penularan Corona, Apa Saja?

Kegaduhan Negara di Masa Wabah Pandemi Covid-19

Keluarga Jenazah Pasien PDP Corona Ribut di Depan RS Makassar, Ada Apa?

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar