Bank Sulselbar Salurkan CSR Mobil Tangki ke Pesantren Nahdhatul Ulum Maros

Terkini.id, Maros – Bank Sulselbar menyalurkan program CSR dengan mendonasikan mobil tangki air kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdlatul Ulum.

Mobil tangki itu disalurkan untuk membantu warga pesantren dan masyarakat di sektiar pesantren, di Desa Soreang, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Tanki air itu disalurkan untuk menunjang kebutuhan air bersih masyarakat. Apalagi selama kemarau, air bersih sangat sulit didapatkan warga sekitar pesantren.

Direktur Utama Bank Sulselbar Andi Muhammad Rahmat mengungkapkan, bantuan tangki air bersih tersebut diharapkan bisa membantu para santri, pembina pesantren serta masyarakat sekitar pesantren untuk mendapatkan air bersih demi kebutuhan sehari-hari.

“Insya Allah mobil tangki ini bisa bermanfaat bagi Pondok Pesantren Naddatul Ulum dan warga Desa Soreang secara umum.

Ini bagian dari komitmen kami memperkuat program kontribusi sosial berkelanjutan untuk daerah,” terang Muhammad Rahmat usai penyerahan Mobil Tangki Air Bersih kepada pihak Ponpes, Senin 30 September 2019 pagi.

Penyerahan mobil tangki tersebut diserahkan langsung Andi Muhammad Rahmat kepada AGH Sanusi Baco, pimpinan Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum yang juga merupakan ulama Sulsel sekaligus Ketua MUI Sulsel.

Sebagai informasi, Pesantren Nahdatul Ulum ini terdiri dari 1.000 orang yang terdiri dari santri/santriwati, pembina, guru, dan staff yang menetap dalam lingkungan pondok.

Dari sisi geografis, Pesantren tersebut berada di daerah pesisir sehingga kualitas air sekitarnya, termasuk air sumur bor di lingkungan Desa Soreang secara umum berasa payau dan asin, sehingga tidak bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat ataupun penghuni pondok.

Warga sekitar cuma memanfaatkan air yang payau dan asin tersebut untuk persawahan dan tambak.

Meski telah terjangkau distribusi air PDAM Maros, pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan pesantren maupun masyarakat sekitar jadi teramat sulit jika musim kemarau.

Air bersih cuma bisa diperoleh dengan membeli air bersih dari mobil tangki yang hanya berkapasitas 10 hingga 20 ton per hari.

AGH Sanusi Baco, mengungkapkan, kepedulian dari Bank Sulselbar dengan mendonasikan mobil tangki air akan lebih memudahkan distribusi air bersih untuk pesantren serta masyarakat sekitar.

Selain itu, tentu bisa menunjang perkembangan sistem pembinaan santri dan proses belajar mengajar pesantren yang berada di bawah Yayasan Al-Asy’ariyah Nahdhiya tersebut.

“Kepedulian Bank Sulselbar insya Allah bernilai ibadah, pasokan kebutuhan air bersih untuk pesantren dan warga bisa lebih terpenuhi,” katanya.

Kepala Kampus Pondok Pesantren Nahdlatul ‘Ulum, Irfan Sanusi mengatakan, nantinya pesantren akan menyiapkan tandon penampungan air bersih berkapasitas 1.000 liter yang bisa dimanfaatkan warga pesantren dan juga warga sektiar yang membutuhkan.

“Sehingga, warga sekitar pesantren yang ingin memanfaatkan air bersih tinggal membuka krannya,” terang dia.

Menurut Irfan, mobil tangki air tersebut digunakan untuk mengambil air di sumber mata air dekat lalu disuplai ke pesantren.

Komentar

Rekomendasi

Tingkatkan Pelayanan, PD Pasar Makassar Jajaki Kerja Sama dengan GoJek

Alburuj Menuju Sertifikasi ISO 9001

Usai Salat Jumat, CEO Bukalapak dan Gubernur Sulsel Bahas Ini

Terkini Ajak Kolaborasi Bangun Bisnis Media Online Berikut Caranya

Prahu-Hub Garap Makassar: Kirim Barang Kargo Semudah Pesan Tiket Pesawat

GrabFood Luncurkan Gerakan Jangan Lupa Makan di Makassar

Gelar Auto Show di TSM, BBM Kenalkan Xpander Terbaru

Januari 2020, d’ Maleo Tawarkan Paket Kamar Rp 385 Ribu

Alfamart Ikut Salurkan Bantuan ke Korban Banjir

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar