Barito Putera secara dramatis menang atas PSM Makassar

istimewa

Terkini.id – Barito Putra berhasil meraup poin penuh kala menjamu salah satu tim kuat kandidat juara Liga 1 2018, PSM Makassar di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin 16 April 2018.

Barito Putra berhasil memanfaatkan kelemahan PSM Makassar yang turun tanpa dua pilar kuncinya, yakni Marc klok yang menjalani sanksi akumulasi kartu dan Willem Jan Pluim yang terbang ke Belanda menjenguk keluarganya yang sedang sakit.

Meski kiper tim berjuluk Juku Eja tersebut, Shahar Ginanjar mampu bermain gemilang, namun belum mampu menghindarkan PSM dari kekalahan.

Lima menit laga berjalan, Barito mendapat peluang melalui sepakan bebas Douglas Packer, bola sepakannya mengarah ke gawang namun Shahar mampu menghalaunya.

Kegemilangan Shahar berlanjut, di menit 17 Barito mendapat peluang emas melalui sepakan penalti setelah Paulo Sitanggang dilanggar Zulkifli Syukur di area terlarang.

Samsul Arif yang maju sebagai eksekutor gagal mengonversi peluang tersebut menjadi gol setelah Shahar kembali tampil cemerlang menghalau sepakannya, namun bola muntah jatuh dikaki Douglas Packer dan langsung melepaskan tendangan ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau Shahar, skor 1-0 untuk keunggulan Barito.

Baca :Besok Luiz Ricardo kembali gabung ke PSM

PSM Makassar berhasil menyamakan kedudukan pada menit 27 setelah Ferdinand menerima umpan lambung dari lapangan tengah dan kemudian menggiring bola sendiri, Ferdinand memenangkan duel dengan kiper Barito setelah tendangannya mengecoh sang kiper dan bola berhasil masuk. Skor 1-1.

Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan yang lahir, skor imbang mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua Barito memperlihatkan kekuatan pertahanan mereka, hal tersebut membuat anak asuh Robert Albert cukup kesulitan.

Momentum didapat melalu sepakan spekulasi dari luar kotak pinalti yang dilakukan Guy Junior, sepakannya mengarah  ke gawang namun masih mampu dihalau kiper Barito.

Selanjutnya pertandingan berjalan dengan tempo yang lambat, lemahnya penyelesaian dari kedua tim membuat beberapa peluang terbuang sia-sia.

Gol yang ditunggu tuan rumah akhirnya lahir pada Injury time, Rizky Pora mengirim umpan melalui sepakan bebas. Matias Cordoba menyambut bola tersebut dengan sepakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau Shahar.

Skor 2-1 untuk keunggulan Barito Putra bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Hasil tersebut membuat PSM turun ke peringkat 7 dengan poin 6, sementara Barito Putera merangsek naik ke posisi 4 dengan poin 7.

Baca :Piala Presiden: Ini skuat PSM Makassar hadapi Persib Bandung

Susunan Pemain

Barito Putera : Adhitya Harlan, Aaron Evans, Dandi Maulana, Muhammad Rifqi, Douglas Packer, Matias Cordoba, Nazar, Muhammad Rafi, Paulo Sitanggang, Samsul Arif Munip, Rizky Pora.

PSM Makassar : Shahar Ginanjar, Fauzan Jamal, Abdul Rahman, Steven Paulle, Zulkifli Syukur, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam, Rasyid, Ferdinand Sinaga, Guy Junior, Muhammad Rahmat.

PenulisSulpikar