Barru Terima Program BPTP Sulsel Terlengkap untuk Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian

Barru terima peningkatan kapasitas penyuluh pertanian dari BPTP Sulsel

Terkini.id, Barru – Kementrian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan bimbingan teknis demi melakukan peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian, di Baruga Adae Singkerru, Rumah Jabatan Bupati Barru, Jumat 14 September 2018.

Panitia Pelaksana dari BPTP BPPP Provinsi Sulsel, Repdita, mengatakan dari empat Kabupaten yang mendapatkan program peningkatan kapasitas penyuluh, Kabupaten Barru mendapatkan program yang paling lengkap diantara empat Kabupaten tersebut.

“Jadi satu hari ini ada empat tempat kegiatan yang serupa diantaranya di Kabupaten Barru, Bantaeng, Pangkep, dan Takalar, namun dari empat Kabupaten tersebut Barru yang memiliki program paling lengkap,”katanya.

Dia menuturkan, kalau lengkapnya program tersebut untuk Kabupaten Barru, karena terdapat tiga peningkatan Pertanian masyarakat, diantaranya kegiatan kaji terap melalui peningkatan pertanian dan Pemurnian Sapi Wali di Tanete Rilau, Penggemukan sapi potong di Desa Tompo, Kecamatan Barru, dan bimbingan tekhnis bagi para penyuluh lingkup Kabupaten Barru.

“Barru ini mendapatkan tiga program dari pemerintah Provinsi Sulsel melalui Kementrian Pertanian BPPP BPTP provinsi Sulsel Barru mendapatkan tiga program peningkatan pertanian, dan inilah Kabupaten Paling lengkap, maka kemudian kita inginkan peningkatan dan penyusunan dari penggemukan sapi yang ada di Tompo ini,”ujar Repdita.

Baca :Ini 28 desa Barru yang akan Pilkades Desember 2016

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Barru, drh. Ma’ruf, berharap semoga kegiatan seperti ini terus berkembang di Kabupaten Barru, dan semoga Pemerintah Provinsi Sulsel terus menjadikan Barru sebagai Pailot projek.

“Kita berharap kegiatan seperti ini terus dikembangkan dan dimajukan lagi kedepannya, sehingga peningkatan pengelolaan pertanian dan peternakan yang ada di Kabupaten Barru, bisa terus ditingkatkan lagi,”ungkap dia.

Dirinyapun berharap program kaji terap yang dibetikan kepada Barru pada tahun ini bisa dibuktikan keberhasilannya dan dikembangkan lagi. “kelola program kaji terap yang ada di Kabupaten Barru ini dengan sebaik-baiknya, sehingga prosesnya bisa berjalan dengan baik dan semoga program ini sukses dan lebih berkembang lagi,”harap Ma’ruf.

Peneliti BPTP BPPP Provinsi Sulsel, Basir Nappo, mengurai, kalau program ini diberikan kepada daerah tidak lain karena memang melihat dari potensi daerah yang ada dan jika dianggap daerah tersebut mampu maka pastinya kita akan lakukan program tersebut.

“Dalam menurunkan program ke daerah pastinya kita punya pertimbangab tersendiri, dan kami yakini kalau Kabupaten Barru ini memang mampu mengelola program tersebut, makanya kita percayakan program ini dilaksanakan di Kabupaten Barru,”jelasnya.

PenulisAna Ridwan