Batik Madiba Kesukaan Mandela, Berawal dari Indonesia

Baju batik Mandela

TOKO batik Presidential di mal Waterfront, Cape Town, Afrika Selatan. Isinya benar-benar batik: kemeja, jas, gaun, syal, sampai ke pernak-pernik, semua bermotif batik dengan aneka varian baru.

Inilah Madiba Shirt, toko batik Presidential yang dulu menyiapkan batik bagi bapak bangsa Afrika, tokoh anti-apartheid, Nelson Rolihlahla Mandela. Sepeninggal Madiba, begitu bangsa Afrika menyebut Mandela dengan takzim, busana batik mendapatkan nama terhormat: batik presiden.

Batik Madiba kini adalah salah satu merek busana paling diinginkan di Afrika Selatan.

Bermula dari Presiden Soekarno

Alkisah, pada suatu hari di bulan Oktober 1990, beberapa pekan setelah ia dibebaskan dari penjara Pulau Roben, Nelson Mandela berkunjung ke Indonesia sebagai presiden Kongres Nasional Afrika (ANC). Di Jakarta, Presiden Soeharto menghadiahkan beberapa lembar kemeja batik rancangan Iwan Tirta kepada Mandela.

Ternyata, Mandela sangat suka. Ia sering memakainya bahkan setelah kembali ke Afrika dan menghadiri acara-acara resmi di negerinya ini.

Pada tahun 1994, Mandela terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan. Beberapa hari sebelum dilantik, desainer Afsel, Desre Buirski, merancang kemeja bermotif batik di atas kain sutra dan menitipkannya ke ajudan Mandela dengan pesan: “Thank you for everything you have done and the sacrifices you have made for our beloved country”.

Presiden Mandela lalu mengenakan batik itu di hari berikut saat gladi untuk pelantikan di parlemen. Foto Mandela berbatik itu kemudian tampil di halaman depan surat-surat kabar Afrika.

Sejak itu, batik sangat populer di Afrika Selatan. Khalayak menyebutnya Batik Madiba!

Begitulah. Hari ini saya menemukan Toko Presidential yang memajang batik semata-mata di lantai dua mal Waterfront. Toko ini tampil eksklusif sederet dengan butik-butik bermerk dunia seperti Louis Vuitton, Gucci, Zara, dll.

Di Afrika Selatan, batik adalah busana orang terhormat, busana sang Madiba, tokoh pembebasan yang telah berpulang lima tahun lalu.