Bawa 3.274 Butir Telur Penyu, Warga Pontianak Ini Diamankan Dit Polairud Polda Kalbar

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Penyelundupan Telur Penyu
Direktorat Polairud Polda Kalbar berhasil menggagalkan penyelundupan 3.274 butir telur penyu dari Kepualan Riau ke Pontianak. Ribuan butir telur penyu ini diamankan di pangkalan speed TPI Kota Pontianak pada Kamis, 26 Maret 2020.

Terkini.id, Pontianak – Direktorat Polairud Polda Kalbar berhasil menggagalkan penyelundupan 3.274 butir telur penyu dari Kepualan Riau ke Pontianak. Ribuan butir telur penyu ini diamankan di pangkalan speed TPI Kota Pontianak pada Kamis, 26 Maret 2020.

Direktur Polairud Polda Kalbar Kombes Pol Benyamin Sapta melalui Kasubdit Gakkum AKBP Jamhury mengungkapkan upaya penyelundupan berhasil digagalkan berkat informasi dari Pengawasan Sumber Daya Keluatan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak terkait adanya dugaan pengiriman telur penyu dari pulau Tambelan Kepri.

“Telah diamankan 3.275 butir telur penyu dari Kepulauan Riau dengan tujuan Pontianak. Telur ini dibawa dengan Kapal Sabuk Nusantara 30,” ungkap Jamhury.

Telah diamankan 3.275 butir telur penyu dari Kepulauan Riau dengan tujuan Pontianak, telur ini dibawa dengan Kapal Sabuk Nusantara 30

Jamhury juga mengungkapkan kronologi, ia mengatakan diawali dari informasi PSDKP terkait adanya dugaan pengiriman telur penyu dari Kepualan Riau.

“Menindaklanjuti informasi tersebut, tim 1 Siintelair Ditpolairud bersama-sama dengan Polsus Kelautan Stasiun PSDKP Pontianak melakukan penyelidikan dan sekitar pukul 10.00 WIB di pangkalan speed TPI Kota Pontianak, team mengamankan 1 orang yang membawa 9 kardus berisi telur penyu tanpa dilengkapi dengan izin,” jelasnya.

Jamhury menambahkan, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap S (69) yang membawa ribuan butir telur penyu tersebut.

Pada rilis Humas Polda Kalbar, Jumat 27 Maret 2020, Pihak  Polsus Kelautan Stasiun PSDKP Pontianak akan melakukan koordinasi dengan BKSDA atas temuan ribuan butir telur penyu yang dalam kategori sebagai hewan yang dilindungi.

Pelaku terancam dengan Pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 ayat (2) huruf e, Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

 

Komentar

Rekomendasi

Antisipasi Virus Corona, Kepala Desa Bontolebang Bersama Perangkatnya Melakukan Penyemprotan Disinfektan Dirumah Warga

Viral Ojol Rela Tersiram Cairan Disinfektan Demi Jaga Orderan, Najwah Shihab Terharu

Pemkot Keluarkan Himbauan, Untuk Para Pelaku Usaha, Begini Isinya

Cegah Covid-19, IZI Sulsel dan YBM PLN Lanjutkan Program 1000 Masker Kain Untuk Masyarakat

Terkait Efektivitas Kuliah Daring Mahasiswa Ini Angkat Bicara

Minimnya APD Dipasaran, Ini Langkah Srikandi Polres Gowa

20 Hari Operasi Antik 2020, Polres Gowa Amankan 23 Pelaku Terduga Kasus Narkoba Dari 17 Penangkapan

Kapolres Gowa : Terima Kasih Kepada Seluruh Personil Polres Gowa Atas Partisipasinya Mengedukasi Warga Akan Bahaya Virus Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar