Bayar THR ASN, Pemkot Parepare siapkan Rp 12,6 M

Terkini.id, Parepare – Pemerintah akan menaikkan anggaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS), Polri, dan TNI hingga 69 persen. THR ASN tentunya lebih besar.

Hal tersebut tentunya menjadi kabat gembira bagi Aparat Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia, salah satunya di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Guna merealisasikan hal tersebut, Pemkot Parepare paling tidak harus menyiapkan anggaran sebesar Rp12,6 miliar untuk THR bagi ASN dilingkungannya.

Cair sebelum Idulfitri

THR itu diperuntukkan bagi 3.735 pegawai dan akan dicairkan sebelum idul fitri atau awal bulan Juni 2018.

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, Noldy R Rangkuan, mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebanyak Rp12,6 miliar.

Sebelumnya, Kepala BKD Kota Parepare H Nasarong, mengatakan, gaji 14 tahun 2018, diupayakan dicairkan di awal bulan Juni 2018 atau sebelum idulfitri.

“Jika juknisnya turun, maka BKD siap membayarkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, gaji 14 cair sebelum lebaran. Kami dapat informasi, gaji 14 tahun ini, lebih besar dari tahun sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Parepare juga mengimbau agar perusahaan membayar THR bagi pekerjanya paling lambat lima hari sebelum idul fitri.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Tajuddin Salisa mengatakan, perusahaan yang tidak membayarkan THR akan diberikan sanksi. Ia pun mengimbau, karyawan yang belum menerima haknya, agar tidak takut melapor ke Disnaker Parepare.

“Kita akan sanksi, mulai dari sanksi tertulis, administrasi, hingga pembatasan kegiatan usaha. Kami selalu upayakan untuk menggunakan jalur mediasi, seperti tahun sebelumnya. Perusahaan sudah berjanji akan membayarkan walaupun terlambat,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini