Beberapa fakta tentang depresi yang jarang diketahui

health.com

Terkini.id, Makassar – Depresi merupakan suatu kondisi di mana suasana hati seseorang mengalami gangguan yang dapat mempengaruhi cara berpikir, perasaan, serta pandangannya terhadap kehidupan.

Hal itu menjadi ancaman terhadap aktivitas mereka sehari-hari. Depresi merupakan salah satu penyebab seseorang mengakhiri hidupnya.

Dilansir dari alodokter.com, ketika seseorang mengalami depresi, ia akan merasakan kesedihan yang mendalam, putus asa, dan merasa tidak berharga.

Dia akan kehilangan ketertarikan terhadap hal-hal yang dulu dia sukai. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2015 diperkirakan sebanyak lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi, yang tentu saja meningkat setiap tahunnya.

Tercatat bahwa sekitar 750 ribu orang meninggal bunuh diri karena depresi. Sementara di Indonesia sendiri, diperkirakan 3,7 persen penduduknya mengalami depresi.

Menarik untuk Anda:

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta depresi:

  • Wanita dua kali lebih rentan menderita depresi dibandingkan pria
  • Depresi dapat menyebabkan seseorang bermimpi tiga sampai empat kali lebih banyak dibandingkan orang-orang yang tidak mengalaminya
  • Beberapa diantara penderita depresi sangat pandai menyembunyikan perasaan mereka dan tidak nampak oleh orang lain
  • Beberapa gelaja depresi adalah suka menyendiri, sulit berkonsentrasi, dan mengingat sesuatu.
  • Orang yang mengalami depresi kerap kali menangis tanpa alasan yang jelas
  • Depresi disebabkan oleh beberapa faktor yaitu organobiologis (adanya ketidakseimbangan neurotransmitter di otak), psikologis (tekanan psikis dan sosial), serta sosio-lingkungan (kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, terkena bencana)

Terlepas dari hal tersebut, hendaklah kita senantiasa membangun relasi yang dekat dengan Sang Pencipta. Banyak berdoa dan mengucap syukur atas segala hal baik maupun hal buruk, dipercaya  dapat menyembuhkan depresi secara perlahan-lahan. Temuilah psikolog dan psikiater untuk mencari bantuan. Jangan merasa sendiri di dunia ini dan ingatlah keluarga yang mencintai Anda.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Lakukan Langkah ini Agar Terhindar dari DBD di Masa Pandemi Covid-19

Tahukah Anda? Klaster Kencan, Pesta dan Klinik Gigi Tertinggi Tularkan Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar