Begini cara dosen Unismuh membangun negeri

Dosen Unismuh mengunjungi Kecamatan Tombolopao, kabupaten Gowa

Terkini.id, Gowa – Sinergi dan kolaborasi adalah pondasi utama untuk membangun negeri. Hal itu telah ditunjukkan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah (FEB Unismuh) Makassar, Agusdiwana Suarni SE MAcc dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (FK Unismuh) Makassar, dr Dito Anurogo MSc.

Keduanya melakukan kunjungan ke kantor Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa pada hari Jumat, 20 April 2018, dalam rangka survei awal program kemitraan masyarakat bertajuk ‘’Melinesia 2018’’.

‘’Melinesia merupakan program-kegiatan komprehensif-kolaboratif di bidang medis, edukasi ekonomi, pemberdayaan (perempuan, anak-anak, komunitas, masyarakat, individu, manusia) dan sebagainya berbasis literasi-riset-teknologi-komunitas yang didanai dari hibah internal Unismuh, buah pemikiran original dari Dito Anurogo,’’ jelas Agusdiwana Suarni.

Adapun kunjungan ke kantor Kecamatan Tombolopao ini sebagai tindak lanjut dari surat Ketua LP3M Unismuh Makassar No. 305/Izn-05/C.4-VIII/IV/39/2018 dan surat dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bernomor 4584/S.01/PTSP/2018.

Dosen Unismuh mengunjungi kantor Kecamatan Tombolopao

Astan, selaku sekretaris Kecamatan Tombolopao, menerima kunjungan ini. Ia hadir mewakili Camat Tombolopao, Baharuddin Lewa.

Menarik untuk Anda:

Astan mengaku senang, dan mengapresiasi, serta mendukung penuh program Melinesia 2018 yang diajukan oleh dosen Unismuh.

Dalam audiensi yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, disepakati bahwa fokus utama program Melinesia 2018 adalah desa Kanreapia, dengan alasan tingkat kesehatan dan perekonomian di desa tersebut masih perlu dibina dan ditingkatkan lagi.

Desa Kanreapia memiliki luas area 25,83 Km persegi dengan beberapa batas wilayah. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Tonasa. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sinjai. Di sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kecamatan Tinggimoncong.

Jarak Desa Kanreapia menuju ibukota Kecamatan mencapai 12 Km, sedangkan jarak ke ibukota Kabupaten dari Desa Kanreapia mencapai 84 Km.

Usai beraudiensi, dosen Unismuh segera mengunjungi Rumah Koran di Desa Kanreapia. Kedatangan dosen Unismuh disambut hangat oleh Jamaluddin, pendiri Rumah Koran.

Dosen Unismuh mengunjungi Kecamatan Tombolopao, Gowa

Jamaluddin menjelaskan tentang beberapa program yang dimiliki Rumah Koran, seperti Satu Dusun Satu Rumah Baca, Satu Dusun Satu Toko Tani Organik.

Peraih penghargaan Pemuda Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2017 di Bidang Pendidikan dari Bupati Gowa ini juga mengajak dosen Unismuh mengunjungi kebun Markisa varietas Malino serta menjelaskan berbagai usaha dan fasilitas yang telah dirintisnya.

Beberapa usaha dan fasilitas yang dirintis Jamaluddin berupa, toko Tani Organik, Wisata Alam (agrowisata kebun Markisa, air terjun Liku Sassang, Gunung Bawakaraeng, Gunung Gundul), sayur organik (kentang, wortel, tomat, sawi, daun bawang, kol, labu siam), homestay, ruang pertemuan, lokasi perkemahan, dan perpustakaan.

Kunjungan menjadi semakin berkesan saat tuan rumah menyajikan teh hangat beserta kudapan ringan ala Desa Kanreapia, yakni Panada dan ubi goreng.

Terlebih lagi saat itu kondisi berkabut dan udara dingin terasa menusuk tulang. Sinergitas yang dipadukan dengan nuansa lokalitas benar-benar menghasilkan mahakarya yang berkualitas.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Perayaan Semarak Bulan Bahasa, Himaprodi PBSI UNM Bagi Masker dan Gelar Seminar

Hadirkan Waketum LPBH NU Makassar, PMII UINAM Gelar Webinar UU Cipta Kerja

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar