Begini Cara Komunitas Lingkar Cerita Dorong Minat Baca Difabel Netra

Lingkar Cerita
Komunitas Lingkar Cerita dorong minat baca difabel netra di Makassar

Terkini.id, Makassar – Komunitas Lingkar Cerita, Tusiwork, FLP Sulawesi Selatan, dan Pertuni, kembali mengajak pemuda Kota Makassar untuk duduk bersama, membaca buku, dan berbagi cerita tentang hal-hal menarik dari buku bacaan masing-masing.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan minat dan kebiasaan membaca di kalangan pemuda.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SLB-A Yapti, Sabtu, 27 Oktober 2019 ini melibatkan partisipasi difabel netra dalam sesi membaca bersama dan bertukar cerita, sehingga menciptakan atmosfer diskusi yang inklusif.

Melalui kegiatan “Lingkar Cerita: Duduk, Baca, Berbagi Cerita,” pemuda di Kota Makassar diajak untuk duduk melingkar, membaca buku masing-masing selama 30 menit, lalu bertukar cerita tentang hal-hal menarik dari bacaannya.

Meskipun masing-masing peserta hanya membaca selama 30 menit, sesi bertukar cerita memberi kesempatan bagi para peserta untuk berbagi pengetahuan dan hal-hal menarik dari buku bacaannya.

Alhasil, pengetahuan yang dapat diperoleh seperti pengetahuan dari hasil membaca berjam-jam dari beragam buku.

“Buku yang dibawa boleh buku baru ataupun buku lama yang belum sempat ditamatkan karena kesibukan. Tidak harus membaca buku yang sudah ditamatkan, karena akan ada sesi membaca bersama. Genrenya juga disesuaikan dengan genre favorit masing-masing, boleh fiksi maupun non-fiksi,” ungkap Andi Citra Pratiwi, pemuda yang menginisiasi gerakan Lingkar Cerita bersama dua orang sahabatnya, Herviana dan Andi Moh. Amin.

“Dengan adanya Lingkar Cerita ini, kesibukan bukan lagi alasan untuk tidak membaca, karena kita akan meluangkan waktu untuk membaca bersama,” sambungnya.

Pelaksanaan kegiatan Lingkar Cerita memperoleh kesan positif dari para peserta. Salah satunya Ilham Saputra, seorang difabel netra yang juga merupakan siswa di SMAN 17 Makassar.

“Saya senang sekali bisa berpartisipasi di kegiatan Lingkar Cerita hari ini. Bertukar cerita melalui forum seperti ini ternyata seru juga,” ujar Ilham.

Ilham juga mengungkapkan kegembiraannya bertukar cerita tentang buku yang telah dibaca di kegiatan ini.

“Salah satu buku yang dibaca di kelompok kami adalah Biografi Ki Hajar Dewantara. Dari cerita di buku itu, teman-teman di kelompok kami mempelajari sikap-sikap dari Ki Hajar Dewantara yang dapat diteladani, yaitu sikap sederhana, rendah hati, dan pantang menyerah,” kata Nofisari Rahayungingtyas, mahasiswi dari Universitas Hasanuddin yang juga berpartisipasi dalam kegiatan Lingkar Cerita.

Kegiatan lingkar cerita selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan di pekan ketiga bulan November. Untuk berpartisipasi pada kegiatan Lingkar Cerita selanjutnya, silakan follow media sosial Lingkar Cerita di Instagram @lingkarcerita.id.

Komentar

Rekomendasi

Masika ICMI Makassar: Kas Masjid untuk Amal Jariyah Hadapi Covid-19

ACT Sulsel Kolaborasi Satgas IDI Makassar Tanggap Covid-19

Masika ICMI Sulsel Bagi Masker dan Cairan Hand Sanitizer ke Pengendara

Begini Respon AIESEC Indonesia Terhadap Wabah Covid-19

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

Peduli Covid-19, Jurnalis Makassar Bergerak Bantu Tenaga Medis dan Nonmedis

Di Tengah Wabah Covid-19, IJS Peduli Bantu Masjid di Lembanna Malino

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar