Begini Cara Memasak Nasi yang Tidak Membuat Gemuk

Begini Cara Memasak Nasi yang Tidak Membuat Gemuk
Begini Cara Memasak Nasi yang Tidak Membuat Gemuk

Terkini.id, – Nasi merupakan makanan pokok yang yang rutin dikonsumsi orang Indonesia. Banyak orang merasa belum sepenuhnya makan jika tidak mengonsumsi nasi.

Namun sebagian orang menganggap nasi bukanlah makanan yang tepat untuk dimakan setiap hari, terutama bagi mereka yang melakukan diet.

Bagi mereka yang berdiet nasi adalah makanan yang perlu dihindari atau dikurangi mengonsumsinya. Karena nasi adalah karbohidrat yang dianggap dapat meningkatkan kenaikan berat badan seseorang karena mengandung kalori tinggi.

Mengonsumsi nasi berlebihan dianggap dapat membuat seseorang bertambah berat badan dan menjadi obesitas.

Bagi Anda yang takut mengonsumsi nasi, ada kabar baik. Sebuah penelitian yang dipaparkan pada pertemuan nasional American Chemical Society mengemukakan bahwa ada cara praktis memasak nasi yang mampu mengurangi kandungan kalori di dalamnya.

Menarik untuk Anda:

Berikut cara memasak nasi yang praktis mengurangi kalori sehingga tidak menyebabkan kegemukan.

Jika Anda memasak nasi menggunakan Rice Cooker, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa dalam beras dengan menggunakan air yang mendidih. Lalu masak nasi sekitar 40 menit. Setelah nasinya matang, masukkan nasi ke dalam kulkas selama 12 jam. Lalu konsumsi dalam keadaan dingin.

Cara masak seperti ini akan membuat kandungan kalori dalam nasi turun menjadi 50-60 %. Hal ini karena komposisi karbohidrat yang tidak dapat dicerna dalam nasi akan meningkat sebanyak 10 kali ketika didinginkan dalam kulkas.

Nasi panas yang telah matang, glukosa dalam nasi memiliki struktur yang longgar, namun ketika didinginkan maka ikatan molekul glukosa akan menjadi semakin ketat dan menjadi sulit untuk dicerna. Demikian juga berlaku jika nasi dipanaskan kembali.

Memberikan tambahan minyak kelapa saat memasak nasi memberikan efek yang positif, karena molekul lemak akan masuk ke dalam nasi dan membuat nasi menjadi lebih sulit untuk dicerna.

Keuntungan lainnya adalah dengan cara memasak nasi tersebut di atas akan menjaga kesehatan saluran pencernaan, karena nasi dengan karbohidrat yang sulit dicerna akan menjadi sumber energi baik bagi bakteri di dalam usus.

Ingat, karbohidrat dalam nasi yang sulit untuk dicerna tidak akan diserap tubuh sehingga tidak akan diolah menjadi gula dan tentunya kalorinya semakin rendah. Sebaliknya jika nasi mudah dicerna maka akan mudah diserap tubuh dan diolah menjadi gula dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Jika ingin makan nasi dan tidak takut menjadi gemuk, cobalah cara praktis di atas. Makan nasi dingin yang telah dimasukkan selama 12 jam dalam kulkas, mungkin tidak nyaman dibandingkan makan nasi panas. Tetapi setidaknya kita tidak takut lagi menjadi gemuk hanya karena makan nasi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bikin Virtual Meet Up Jadi Makin Seru #KenapaNggak

Tips Mengatasi Anak Remaja Suka Melawan Orang Tua

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar