Begini Cara Mengeluarkan Semut di Dalam Telinga

Gunakan cotton bud yang sudah diolesi baby oil/Foto:Ist

Makassarterkini.com – Kadang, meskipun sangat jarang terjadi tetapi jika kita lagi apes ada saja hal yang menjengkelkan bisa terjadi. Salah satunya adalah telinga kemasukan semut. Entah itu di tempat tidur atau setelah selesai mandi lantaran semut menempel di handuk yang kita pakai.

Jika telinga Anda belum pernah kemasukan semut, Anda sepatutnya bersyukur, karena Anda belum pernah merasakannya. Karena jika ada semut yang masuk dalam telinga rasa sakitnya jauh lebih sakit dibanding semut hanya menggigit bagian luar tubuh kita.

Jika ada semut yang masuk ke dalam telinga Anda, maka mendatangi dokter THT bisa menjadi pilihan pertama Anda. Tetapi jika dokter THTnya jauh, Anda bisa melakukan pertolongan pertama sebelum ke dokter THT.

Jangan pernah memasukkan air ke dalam telinga, jika ada semut di dalamnya, semutnya tidak akan keluar tetapi jutrsu akan menggigit bagian dalam telinga Anda. Berikut beberapa cara mengeluarkan semut dari dalam telinga:

  • Bersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud yang sudah diolesi baby oil. Jika tidak ada baby oil bisa menggunakan minyak goreng dingin, tetapi baby oil lebih baik. Semut akan terperangkap dan melengket pada cotton bud, sehingga mudah dikeluarkan.
  • Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih atau yang berbau tajam pada daun telinga Anda. Semut tidak menyukai dengan bau tajam, sehingga dia akan keluar dengan sendirinya. Selain diolehkan pada daun telinga, bisa juga dioleskan pada dinding telinga.
  • Jika semua yang disebutkan di atas tidak ada, Anda cukup mengambil senter, lalu sorotkan cahayanya ke dalam telinga Anda. Semut selalu mencari cahaya, dan semut itu akan keluar dengan sendirinya.

Sangat mudah kan untuk mengeluarkan semut yang masuk ke dalam telinga. Jadi jika musibah ini menimpa Anda, tidak perlu panik, lakukan salah satu tips di atas.

Satu lagi hal yang paling penting di ingat, bahwa semut yang masuk ke dalam telinga, tidak bakalan masuk ke dalam otak kita. Kenapa? Karena telinga manusia memiliki tiga lapisan yang setiap lapisannya itu memiliki pelindung.

Semut maupun serangga lain yang masuk ke dalam telinga hanya bisa mencapai liang telinga luar. Pada telinga luar juga terdapat kelenjar dan rambut-rambut kecil yang memberikan perlindungan terhadap benda asing yang masuk ke dalamnya, termasuk serangga. Antara telinga luar dan telinga tengah di batasi oleh gendang telinga dan antara telinga tengah dan bagian telinga dalam tertutup oleh koklea.

Namun demikian, menghindari makan di tempat tidur terutama yang manis-manis akan lebih baik. Selain itu, selalulah membersihkan kembali tempat tidur sebelum membaringkan tubuh di atasnya, karena kita tidak tahu kapan semut bisa ada di bawa bantal atau di area kasur. Sebelum mengenakan handuk yang Anda gantung, perhatikan baik-baik sebelum menempelkan di tubuh setelah mandi karena semut kecil sangat sulit kelihatan apalagi handuk Anda berwarna gelap.

Salmah Sumayya

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

10 Langkah Menurunkan Nyeri Asam Lambung

Terkini.id, Jakarta - Sakit asam lambung seringkali datang tak diduga. Saat kambuh, sebaiknya jangan langsung mencoba obat-obatan kimia yang banyak dijual.Pola makan, tingkat stres