Begini Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Cara Menjaga Lingkar Perut Normal
Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Terkini.id, – Menjaga lingkar perut normal bukan saja baik untuk kesehatan tetapi erat kaitannya juga dengan penampilan tubuh dan kepercayaan diri.

Lingkar perut normal perlu dijaga supaya tetap ideal dan tidak melebihi batas aman ukuran lingkar perut bagi pria dan wanita. Kadar lemak perut yang normal adalah gambaran tentang ukuran lingkar perut normal.

Lemak yang terletak di bawah kulit dan lemak yang mengelilingi hati dan organ perut lainnya, harus tetap ideal karena jika berlebihan maka menjadi awal dari banyak penyakit.

Ukuran lingkar perut normal untuk pria adalah 90 cm dan untuk wanita 80 cm. Bila melebihi batas ukuran tersebut maka dianggap memiliki lingkar perut berlebih.

Cara mengukur lingkar perut, gunakan pita pengukur dan ukur dengan titik 0 di pusar. Jangan menahan nafas ketika melakukan pengukuran, lalu ukur dengan pita pengukur bertemu di titik 0 saat menghembuskan nafas adalah ukuran tepat lingkar perut.

Menarik untuk Anda:

Cara Menjaga Lingkar Perut Tetap Normal
Menjaga lingkar perut tetap normal sama dengan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa cara di bawah ini dapat kita lakukan untuk menjaga lingkar perut tetap normal.

1. Berolahraga
Rutin berolahraga setiap hari membantu menjaga lingkar perut tetap normal. Olahraga yang baik untuk dilakukan adalah latihan aerobik seperti senam aerobik, jalan cepat,selama 30 menit dan atau berlari selama 15 menit perhari.
Untuk perhitungan langkah dibutuhkan rata-rata 10.000-15.000 langkah perhari untuk mencegah penambahan berat badan berlebih.
Dianjurkan juga untuk latihan kekuatan seperti pull up, sit up dan plank setidaknya 2 kali seminggu.

2. Makan makanan bergizi seimbang
Makanan bergizi seimbang membantu menjaga lingkar perut normal. Kurangi karbohidrat  dan lemak dan perbanyak protein, sayur dan buah-buahan. Batasi mengonsumsi lemak jenuh dan gula tambahan.
Selain itu perlu diperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi batasi supaya tidak berlebihan agar tidak menjadi lemak pada perut.

3. Minum Banyak Air Sebelum Makan
Minum air putih membantu menurunkan berat badan dan menjaga lingkar perut normal.
Setidaknya minumlah 2 gelas air putih, 30 menit sebelum makan. Ini akan membantu meningkatkan metabolisme dan memberikan rasa lebih kenyang sehingga tidak akan makan berlebihan.

Lemak perut yang menumpuk dapat melepaskan asam lemak, sel radang dan hormon  yang berisiko memicu penyakit seperti diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Secara rutin, terapkan cara di atas agar lingkar perut tidak melebihi batas aman dengan cara menjaganya supaya terhindar dari penyakit berbahaya yang memperpendek umur kita.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Sirkulasi Darah Tidak Lancar dalam Tubuh, Ini yang Akan Terjadi

Rahasia Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Capek

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar