Begini Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Abd Rahman Bando

Terkini.id, Makassar – Kualitas pembelajaran di rumah via daring bagi siswa di Kota Makassar dikepung sejumlah kendala, seperti terbatasnya jaringan internet, kehabisan kouta dan tak memiliki smartphone.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Abd Rahman Bando mengatakan selama proses belajar dari rumah. Sejumlah tempat tetap melakukan proses belajar secara manual.

“Terpaksa ada yang belajar dengan portofolio dengan tugas dengan memberikan penjelasan secara manul,” kata Rahman Bando, Selasa, 19 Mei 2020.

Rahman Bando mencontohkan seperti yang terjadi di Pulau Kodingareng. Sejumlah kendala yang dihadapi salah satunya tidak adanya listriknya pada siang hari.

“Begitu dia punya handphone lobet tidak bisa lagi. Secara umum di pulau pakai genset, dan baru diaktifkan pada malam hari,” ucapnya.

Baca juga:

“Di daratan listrik tersedia sepanjang waktu. tapi masih ada problemnya, beberapa anak didik tidak memiliki smartphone. Ada lagi yang punya tapi kuota terbatas,” sambungnya kemudian.

Terkait dengan kualitas pembelajaran via daring, Rahman mengatakan pihaknya terus melakukan perbaikan dari sisi manajemen pembelajaran. Seperti menggenjot teknis belajar jarak jauh bagi tenaga pengajar agar jauh lebih baik.

“Sekarang ini kalau saya boleh katakan belum ada format bakunya soal belajar jarak jauh ini karena tiba-tiba melakukan,” ucap Rahman Bando.

Masa belajar di rumah via daring bagi siswa akan berakhir pada Jumat, 29 Mei 2020 mendatang.

Rahman Bando pun mengaku dirinya belum bisa memastikan proses belajar akan berlangsung di sekolah.

Melihat kurva kasus Covid-19 di Makassar belum melandai, Rahman mengatakan, pihaknya tetap berpegangan pada angka kasus Covid-19 di Makassar.

Selama grafik pandemi masih belum melandai, maka pihaknya pun belum berani untuk mengembalikan peserta didiknya ke sekolah.

“Kalau tim gugus tugas Covid-19 nasional dan kota sudah mengatakan kondusif baru kami bisa berani di Dinas Teknis Pendidikan untuk mengembalikan anak anak ke ruang kelas,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Yusran Jusuf Salat Ied di Rumah Jabatan

Pantau Mal yang Buka, Satpol PP Makassar Temukan Pengunjung Tak Pakai Masker

Sembilan Masjid di Kota Makassar Akan Laksanakan Salat Ied

Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf Tinjau Masjid yang Akan Gelar Salat Ied

Mantan Ketua DPC PDIP Makassar Tutup Usia

Gelar Aksi Sosial, FRKM Salurkan Paket Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

Bahas Penerapan Digital dalam Industri, BKM PII Gelar Diskusi Online

Update 22 Mei Pasien Corona Covid-19 di Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar