Begini Penjelasan Kadinkes Jeneponto Soal Adanya Kulit Pasien Bengkak Usai Minum Obat

Kondisi terkini Suwandi (27) warga Bossoloka Desa Lentur Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Terkini.id,Jeneponto – Suwandi (27) warga kampung Bossoloka Desa Lentur Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto penderita  penyakit kulit yang terkelupas.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, Dr.dr.Syafruddin Nurdin,M.Kes, adalah alergi sehabis long reaction (reaksinya berlangsung panjang) yang dapat menyebabkan terjadinya anafilaktik syok.

“Logikanya begini, dia berobat di PKM karena ada keluhan gatal akibat alergi setelah makan ikan, obat yang diberikan adalah obat antialergi dan bedak ,bisa saja alergi sehabis makan ikan itu long reaction artinya reaksinya berlangsung panjang yang dapat menyebabkan terjadinya anafilaktik syok, jadi dia diberikan obat antialergi,” kata Dr Syafruddin Nurdin.

Selain minum obat dari PKM, menurut Syafruddin Nurdin, Suwandi juga berobat ramu-ramuan dari dukun.

“Sambil minum obat, dia berobat dukun juga, ini bisa saja menambah parah kondisi alerginya karena kalau tidak steril daun-daun yang ditempelkan itu bisa menyebabkan infeksi,”jelasnya.

Syafruddin Nurdin yang juga merupakan Sekda Pemkab Jeneponto itu tidak akan tinggal diam. Menurutnya, tim P3M dan Kepala Puskesmas Bontoramba sudah bergerak menangani pasien tersebut.

“Insya Allah hari ini pasien akan dirujuk ke RSUD Lanto Daeng Pasewang, untuk ditangani dokter  spesialis kulit,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Jeneponto

Musim Kemarau, BPBD Jeneponto Lakukan Ini

Terkini.id,Jeneponto - Akibat kemarau panjang, Sejumlah Desa di beberapa Kecamatan di Kabupaten Jeneponto mengalami kekurangan air bersih.Untuk membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih,