Belajar menulis jurnalistik, Ponpes Hj Haniah Maros hadirkan Jurnalis Makassar Terkini

pondok pesantren Hj Haniah Maros
Belajar menulis jurnalistik, Ponpes Hj Haniah Maros hadirkan Jurnalis Makassar Terkini

Terkini.id, Maros – Minggu, 13 Mei 2018, para alumni Pondok Pesantren Hj Haniah mengadakan kegiatan Workshop Kepenulisan dengan tema “Menginovasi dengan Kreatifitas Melalui Tulisan”.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ponpes Hj Haniah yang berlokasi di Jalan H Bohari Banyo, Maros. Kegiatan ini dihadiri sejumlah alumni Ponpes Hj Haniah mulai angkatan Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiah (MTS).

Menghadirkan jurnalis Makassar Terkini (terkini.id), Fachri Djaman, yang menyempatkan diri berbagi ilmu terkait jurnalistik. Kegiatan ini juga dihadiri Nur Rahmah yang merupakan alumni Ponpes Hj Haniah sekaligus Pemimpin Redaksi MIB Indonesia yang membawakan materi kelas fiksi.

Rahmah mengungkapkan alasannya dalam simulasi jumpa pers saat materi jurnalistik bahwa tujuan menyelenggarakan kegiatan tersebut semata-mata agar silaturahmi antar alumni terus terjalin melalui kegiatan-kegiatan seperti ini.

pondok pesantren Hj Haniah Maros
Pemimpin Redaksi Penerbit MIB Indonesia memaparkan materinya

Sementara pembicara, Fachri Djaman mengatakan jika ingin belajar konsisten dalam menulis, cobalah mulai dari menulis jurnalistik.

“Boleh dikatakan, penulis paling produktif adalah jurnalis atau wartawan. Sebab di profesi ini mereka dituntut setiap harinya harus menulis minimal 3-7 berita maupun artikel. Jadi bisa dihitung berapa karya tulis yang mereka hasilkan selama 1 bulan,” ungkap Fachri Djaman.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.30 Wita tersebut dihadiri sekitar 15 orang alumni ponpes Hj Haniah yang terlihat cukup antusias meskipun jumlah peserta kurang memadai.

Kegiatan ini bahkan dihadiri oleh Suci Muslimah yang juga Sekretaris Redaksi Penerbit MIB Indonesia.

“Ingin menyelami kemampuan menulis dan mengembangkan bakat para alumni sekaligus menjadi jembatan untuk para alumni yang ingin karyanya dinikmati khalayak luas. Semoga teman-teman semua mampu menjadi penulis terkenal seperti Tere Liye atau Andrea Hirata,” harap Suci Muslimah, Moderator kegiatan yang dalam simulasi jumpa pers bertindak sebagai panitia untuk materi jurnalistik.

pondok pesantren Hj Haniah Maros
Jurnalis Makassar Terkini, Fachri Djaman, memaparkan materi jurnalistik

Untuk diketahui bersama, minat baca dan menulis dewasa ini sangat-sangat kurang. Kebanyakan dari orang-orang sering menulis status dan membaca status di sosial media. Namun untuk membaca sebuah buku saja rasanya sangat berat, ataupun menulis di selembar kertas.

Kegiatan seperti ini sebaiknya sering dilakukan dengan cara yang lebih menarik. Selain menarik minat, juga menambah wawasan dan menjadikan manusia-manusia produktif zaman now dengan memanfaatkan media.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama para peserta dan pemateri.

 

Citizen Reporter : Akane (Peserta Kegiatan)

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

FK Unhas dan PERDOSKI Makassar Baksos di Gowa

Terkini.id,Gowa - Departemen Dermatologindan Venereologi FK Unhas, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia Cabang Makassar dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bergandengan menggelar