Belajar Seluk Beluk Politik, Mahasiswa UINAM Ikuti Kuliah Umum di Sekret Partai Demokrat Sulsel

Partai Demokrat Sulsel
Belajar Seluk Beluk Politik, Mahasiswa UINAM Ikuti Kuliah Umum di Sekret Partai Demokrat Sulsel

Terkini.id, Makassar – Ketua Komisi Kajian Strategis Partai Demokrat Provinsi Sulsel Dr. H. Muhammad Ramli Haba, SH, MH menjadi pemateri dalam kuliah umum yang dihadiri oleh sekitar 50-an mahasiswa dari UIN Alauddin Makassar (UINAM) di Sekretariat Partai Demokrat Sulsel, Selasa, 19 November 2019, kemarin.

Di hadapan puluhan mahasiswa dari kampus UINAM Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik Jurusan Ilmu Politik, Ramli Haba yang juga merupakan tokoh Muhammadiyah itu menjelaskan bagaimana terbentuknya Partai Demokrat hingga terpilihnya sang pendiri Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi presiden dua kali berturut-turut.

Politisi senior ini membawakan materi sekitar satu jam serta didampingi oleh Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BP OKK) Partai Demokrat Sulsel Zulkarnain Paturuni.

Mahasiswa yang hadir sangat antusias mengikuti kuliah umum tersebut. Hal itu terlihat saat Partai Demokrat membuka sesi tanya jawab, beberapa mahasiswa berlomba mengajukan pertanyaan.

Terhitung ada 9 mahasiswa yang mengajukan pertanyaan, padahal hanya dua sesi kesempatan tanya jawab untuk 3 penanya dalam setiap sesinya.

Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa yang hadir sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaiama dunia politik itu sendiri.

“Saya cukup mengapresiasi, karena ini salah satu langkah maju yang berkaitan dengan kuliah lapangan, kalau periode sebelumnya hampir tidak ada kampus yang membawa mahasisnya keluar. Sekarang luar biasa, jadi bisa megkaji lebih jauh lagi peran partai politik dan bersentuan langsung dengan pengurus partai di sekretariat sesuatu yang saya anggap baik,” kata Ramli Haba usai kegiatan.

Selain itu, ia mengatakan jika kuliah umum ini mampu memberikan edukasi tentang dunia politik Indonesia saat ini.

“Kemudian ini juga memberikan pembelajaran bagi mahasiswa bagaimana melihat secara langsung kehidupan perpolitikan melalui diskusi-diskusi yang tadi berlangsung secara cukup bagus,” ucap sosok doktor hukum PPs-Unhas yang juga sepuluh tahun diberi amanah menjadi wakil rakyat di DPRD Sulsel ini.

Sementara itu, Dosen pembimbing Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik Jurusan Ilmu Politik, H. Febrianto Syam S.IP.M.IP mengucapkan terimakasih kepada pengurus Partai Demokrat karena menerima mereka dengan baik serta memberikan pengetahuan langsung tentang politik kepada puluhan mahasiswanya.

“Alhamdulillah, kalau menurut kami dari perwakilan dari dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Politik, kami sangat antusias karena Partai Demokrat di Sulsel sudah menerima kami dengan baik dan memberi informasi kepada kami dengan baik, serta menambah hasanah pengetahuan tentang politik praktis yang sebenarnya,” tuturnya.

“Itu yang menjadi referensi kami dan kebutuhkan di lingkup kampus karena tujuan kami ke sini sebenarnya kami mau mensinkronisasikan antara teori yang sudah diterima adik-adik di kampus dengan fakta atau kejadian yang biasa dialami maupun realitas yang dialami oleh partai politik,” lanjutnya.

Salah seorang mahasiswa peserta kegiatan tersebut, Muh. Wahyu mengaku sangat antusias mengikuti kuliah umum di Partai Demokrat karena bisa merasakan secara langsung atmosfer politik.

“Sebenarnya bagus sekali ketika prodi membawa kita ke partai-partai ke dewan perwakilan partai di daerah karena kita bisa merasakan langsung atmosfer politik di dewan perwakilan tersebut,” ujar Wahyu.

“Banyak sekali partai yang sebelumnya kita kunjungi misalkan Partai Demokrat yang minggu lalu di Golkar, jadi kita bisa tahu kira-kira langkah partai ke depannya seperti apa, bagaimana rekrutmennya dan bagaimana partai tersebut,” pungkas mahasiswa semester 3 angkatan 2018 UINAM ini.

Citizen Reporter: Darsil Yahya

Berita Terkait
Komentar
Terkini