Belgia vs Jepang 3-2, Petaka di Detik-detik Terakhir

Laga Belgia melawan Jepang, Selasa 3 Juli 2018. (afp)

Terkini.id, Makassar – Laga antara Belgia melawan Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia, Selasa 3 Juli dini hari, menyajikan drama yang apik. Mengaduk emosi.

Belgia sempat tertinggal dua gol pada babak pertama. Namun, berhasil menang saat detik-detik terakhir pertandingan.

Dalam pertandingan di di Rostov Arena itu, Belgia pun sukses meraih kemenangan atas Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Belgia tertinggal dua gol lebih dahulu dari Jepang setelah Genki Haraguchi mencetak gol pada menit ke-48 dan Takashi Inui menambah keunggulan tim Samurai Biru pada menit ke-52.

Hingga menit-menit awal babak kedua, Belgia belum mampu mencetak gol, namun tetap menunjukkan serangan berbahaya. The Red

Dilansir dari CNNIndonesia, Gol Haraguchi tercipta setelah Thomas Meunier melakukan salah umpan di sisi kiri pertahanan Jepang.
Sedangkan, Inui dengan bebas melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tanpa ada yang menutup ruang. Axel Witsel telat menutup ruang, sedangkan Vincent Kompany terlihat sedikit meremehkan kemampuan Inui dengan tidak segara melakukan cover dan menutup jalur tembakan.

Strategi Jepang sederhana. Pelatih Akira Nishino membuat Yuto Nagatomo dan kawan-kawan bermain disiplin di lini pertahanan dan membuat tiga pemain lini serang Belgia: Eden Hazard, Kevin De Bruyne, dan Dries Mertens tidak nyaman.

Strategi itu berjalan lancar. Hazard, De Bruyne, Mertens gagal mendapatkan ruang dan lebih berkutat di lini tengah. Alhasil aliran umpan-umpan matang ke Romelu Lukaku terhenti.

Ubah Strategi

Beruntung, pelatih Belgia Roberto Martinez cukup jensius. Dia membaca kelemahan Jepang, mulai mengubah rencana permainan sejak Marouane Fellaini masuk di babak kedua.
Dari babak pertama, dia melakukan dua pergantian penting pada menit ke-65 dengan memasukan Chadli dan Marouane Fellaini, hanya Hazard yang benar-benar mampu memberi ancaman.

Tapi, itu juga tidak mampu membongkar lini pertahanan Jepang.

Serangan Udara

Pada menit ke-62, sebuah sundulan Lukaku melenceng meski dalam posisi bebas. Benar-benar menggambarkan kondisi permainan Belgia di Rostov Arena.

Mesin serangan Belgia tidak berjalan, dan sekalinya mendapat peluang mereka tidak beruntung. Belgia sepertinya akan tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Namun, momen penting Belgia terjadi pada menit ke-65, ketika Martinez memasukkan Chadli dan Fellaini. Pelatih asal Spanyol itu pun mulai terlihat mulai menjalankan ‘Plan B’. Martinez mulai ‘melihat ke udara’ setelah permainan cepat lewat umpan-umpan pendek tidak mampu membuahkan hasil.

Kelemahan Jepang: Bola-bola Atas

Martinez cerdas. Jepang diketahui merupakan tim kedua dengan rataan tubuh pemain terpendek di Piala Dunia 2018 setelah Arab Saudi. Bola-bola udara pun mulai dilepaskan para pemain timnas Belgia.

Hasilnya, Belgia mampu menyamakan kedudukan melalui dua gol sundulan Jan Vertonghen menit ke-69 dan Fellaini menit ke-74. Skor pun imbang 2-2 dan Belgia kembali di atas angin untuk meraih kemenangan.

Di sinilah momen ramatis dan mengaduk emosi dimulai. Setelah dua peluang sundulan Belgia digagalkan kiper Eiji Kawashima, gawang The Red Devils nyaris dibobol Jepang lewat tendangan bebas Keisuke Honda saat injury time babak kedua memasuki menit keempat.

Bola berhasil ditepis kiper Thibaut Courtois dan menghasilkan sepak pojok untuk Jepang. Courtois kemudian berhasil menangkap bola hasil sepak pojok dan memulai serangan balik super Belgia.

Bola dilempar Courtois ke De Bruyne dan serangan balik Belgia dimulai. Bola lalu diumpan De Bruyne ke Meunier yang kemudian mengirim umpan silang.

Lukaku melakukan dummy dan Chadli melepaskan tendangan kaki kiri yang menggetarkan gawang Jepang. Belgia menang 3-2 lewat tendangan terakhir mereka di Rostov Arena, di menit 90+4.

Baca juga: Singkirkan Meksiko, Brasil Melenggang Ke Babak 8 Besar Piala Dunia

Sebuah momen yang luar biasa. Sebuah kemenangan yang sangat dramatis dari Belgia setelah sempat tertinggal dua gol. Wasit Gianluca Rocchi meniup peluit terakhir setelah Jepang melakukan kickoff.

Komentar

Rekomendasi

Jarang Diketahui, Ronaldinho Ternyata Jago Menabuh Gendang

Gol Umtiti Antarkan Prancis Ke Partai Final Piala Dunia 2018

Pulang ke Brasil, Neymar dkk Dilempari Batu oleh Fans

Mbappe Merasa Aneh Lihat Legenda Prancis di Tim Belgia

3 Video Parodi Soal Aksi Diving Neymar yang Bikin Ngakak

Ini Bagan dan Jadwal Lengkap Babak Perempat Final Piala Dunia Rusia 2018

Saat Tiki-taka Bertekuk Lutut di Hadapan Strategi Parkir Truk Rusia

Kiper Super yang Tumbangkan Matador

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar