BELIS NA,A WINA

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Foto ilustrasi perempuan Manggarai

Terkini.id, Manggarai-Belis merupakan bentuk mas kawin dalam budaya Manggarai (NTT) yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai bentuk mahar perkawinan. Dalam hal ini, pihak laki-laki harus persiapkan belis sebelum gelar pernikahan dengan sang wanita pemilik hatinya.

Belis dapat berupa hewan (kambing,kuda,sapi,dan kerbau) dan uang. Di Manggarai cinta, sayang,dan ketulusan bukan menjadi modal pokok untuk bisa meluluhkan hati calon mertua.

Bicara tentang uang belis di Manggarai tidak hanya berkisar puluhan juta tetapi, sampai ratusan juta rupiah. Perempuan di Manggarai di setarakan dengan uang dan benda yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Pihak perempuan dapat meminta jumlah uang (belis) disesuaikan dengan jejang pendidikan anaknya dengan setandar 50 juta untuk pendidikan SMA,100 juta untuk pendidikan S1 dan seterusnya semakin tinggi sesuai dengan tingkat pendidikan nya.

Pernikahan adalah hal yang diimpi-impikan bagi semua orang. Namun tidak bisa di pungkiri bahwa nominal belis dalam budaya Manggarai terlampau tinggi. Terkadang pria dan wanita bisa memutuskan relasi mereka disebabkan oleh nominal belis terlampau tinggi.

Belis seakan bukan lagi menjadi nilai luhur
melainkan hakim untuk para calon menantu.
Kecuali ada kesadaran dari semua elemen masyarakat lebih khusus kaum muda untuk mengembalikan belis ke tujuan awal.

Sistem budaya ( belis) di Manggarai hingga kini mengalami pergeseran makna dan cenderung untuk dimanfaatkan meraup keuntungan bagi pihak perempuan.

Dalam persoalan belis,harkat martabat sebagai manusia seolah-olah di perdagangkan. Perempuan Manggarai disejajarkan dengan uang ratusan juta rupiah.

Hal ini menjadi sorotan tajam di Manggarai
dari sebagian elemen masyarakat lebih khusus anak muda. Permintaan belis dari pihak keluarga perempuan yang semakin tinggi sehingga makin banyak laki-laki di Manggarai yang takut menikah.

Untuk laki-laki yang mau merajut serius dengan perempuan Manggarai sampai pada titik pelaminan agar kiranya menyiapkan belis terlebih dahulu.

Komentar

Rekomendasi

Hamil Besar, Shandy Aulia Curhat Suaminya Setiap Hari Interogasi Tentang Ini!

Kemendagri Serahkan DP4 ke KPU Untuk Pilkada 2020

IKA Teknik Unhas Apresiasi Terpilihnya Haedar Karim Sebagai Dirut Nindya Karya

Waspada! Virus Mematikan Satu ini Sudah Tersebar di Indonesia

Mahasiswa Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Indonesia Timur (UIT) Adakan Pengabdian Masyarakat, Apa Saja Agendanya?

Upgrade Pejabat, KUA Bonto Bahari Turut Hadiri Pelantikan Eselon IV Kemenag Bulukumba, Cek Daftarnya!

1 Ekor Harimau Sumatera yang Terperangkap dalam Boxtrap Berhasil Dievakuasi Tim Satgas BKSDA Sumsel

Simpul Pena Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua Agupena

KNPI Kota Makassar, Adakan Dialog Awal Tahun

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar