Benarkah Berkumur Air Garam Bisa Sembuhkan Sakit Gigi? Ini Faktanya

Sakit Gigi
Sakit gigi. (Foto: ils)

Terkini.id, Makassar – Banyak orang menyebut berkumur dengan air garam adalah salah satu cara alami menyembuhkan sakit gigi yang bisa menyerang siapa saja, dan terjadi kapan saja.

Sakit gigi bisa memicu gejala yang menyakitkan dan mengganggu pengidapnya. Alhasil, orang yang mengalami sakit gigi biasanya akan melakukan banyak cara untuk meredakan nyeri yang muncul. Salah satunya berkumur dengan air garam.

Namun, benarkah air garam dapat menyembuhkan sakit gigi? Simak penjelasannya berikut ini.

Dilansir dari Liputan6, dokter gigi Callista Argentina mengungkapkan bahwa hal tersebut bukanlah fakta. Hal itu, kata Callista, adalah mitos belaka.

“Mitos aja deh, ya. Soalnya kalau dibilang fakta nanti disangkanya beneran,” kata Callista, seperti dilansir dari Liputan6, Kamis, 9 Januari 2020.

Menarik untuk Anda:

Menurutnya, penyebab sakit gigi yang tersering adalah karena gigi berlubang. Kondisi itu, kata Callista, terjadi karena ada makanan menyelip yang tidak dibersihkan dan lama kelamaan membuat gigi berlubang.

“Setelah itu, lubang bekas makanan tadi dimasuki oleh sisa makanan lagi dan biasanya sakit gigi baru terasa,” ujar wanita lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Prof. DR. Moestopo Jakarta ini.

Terkait alasan mengapa rasa sakit gigi bisa berkurang setelah berkumur dengan air garam, Callista menjelaskan bahwa hal itu bisa terjadi karena berkumur dengan air tersebut dapat menghempaskan sisa-sisa makanan yang terselip pada gigi berlubang.

“Kalau misalkan kumur-kumur pakai air garam atau pakai air biasa, itu biasanya kalau kotorannya hilang, sakitnya akan berkurang,” ujar dokter gigi yang sehari-hari praktik di Almeira Clinic Jakarta Selatan ini.

Air garam, lanjut Callista, juga bisa berfungsi meredakan sakit pada gusi yang bengkak.

“Jadi, tergantung kondisi penyebab sakit giginya,” terangnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Air Kelapa Muda Dipercaya Bisa Sembuhkan Covid-19, Lihat Segudang Manfaat Minuman Ini

Lakukan Langkah ini Agar Terhindar dari DBD di Masa Pandemi Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar