Masuk

Benarkah Penyebab Mobil Terbakar Gegara Terjang Genangan Air? Begini Penjelasannya

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Peristiwa mobil terbakar sering kerap terjadi di jalanan. Tidak hanya melibatkan mobil lawas saja, tetapi kendaraan baru juga bisa terjadi. Masalah terbakarnya mobil disebabkan beberapa faktor sehingga pengguna mobil harus memperhatikan pada kendaraanya.

Brand Ambasador PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Rifat Sungkar mengatakan penyebab mobil terbakar itu tidak selalu sama.

Dia menyebut paling banyak mobil terbakar disebabkan oleh sistem kelistrikan.

Baca Juga: Ambulans PDI Perjuangan Bergambar Megawati dan Puan Maharani Hangus Terbakar

“Sistem kelistrikan itu ringkih, dan tolong lebih aware. Dari luar memang tidak terlihat, tetapi dari dalamnya rusak,” kata Rifat Sungkar di Jakarta.

Ia juga menjelaskan masalah mobil baru yang mengalami kebakaran juga beragam. Baca Juga: Mobil Terbakar saat Imam Wahyudi Menyalakan Mesin, Sampai Hangus Begini Sebab, jika dilihat dari letak mesinnya juga berbeda.

Misalnya, kata dia, mobil mesin depan biasanya masalah terjadi karena melewati genangan air lebih dari satu kali.

Baca Juga: Astaga, Mobil Joko Widodo Terbakar Saat Melintas di Jalan Protokol Solo

Rifat menjelaskan tidak semua mobil baru disiapkan untuk menerjang genangan air. Sehingga, kata dia, genangan air sangat berbahaya bagi kendaraan.  Dilansir dari Jpnn. Rabu, 15 Desember 2021.

“Contoh, ada mobil ECU di bawah lantai. Mobil lain ada air intake di bawah bumper dan selama mobil jalan tentunya banyak komponen yang menghasilkan panas,” ungkap dia.

Rifat mengaku pernah menemukan mobil baru terbakar karena masalah power steering putus dan minyaknya terkena heater.

“Itu yang menyebabkan mobil tersebut terbakar. Banyak penyebabnya mobil terbakar,” tutur pembalap Rally Nasional itu.

Baca Juga: Pilot Cantik Athira Farina Kecelakaan, Mobil Terbakar Habis dan Hampir Masuk Jurang

Sementara itu, mesin mobil belakang berbeda. Meski masih berhubungan dengan kelistrikan. Namun ada faktor yang membuat mobil itu terbakar. Salah satunya ialah adanya knalpot yang bisa mengeluarkan panas berlebihan.

“Lihat di Youtube supercar banyak terbakar, itu beda lagi, knalpot panas dan membakar bumper dan bumper bakar mesin. Jadi, banyak penyebabnya,” ujar dia.

Rifat Sungkar menyarankan agar pemilik mobil menyediakan alat pemadam api ringan (APAR). Hal itu untuk mengantisipasi jika terjadi musibah pada kendaraannya.