Bendungan Benteng Pinrang segera beroperasi

Petani di Kabupaten Pinrang, Sidrap, dan Wajo yang bergantung dari aliran air Bendungan Benteng, Pinrang, sudah bisa turun sawah. Ini setelah perbaikan Bendungan Benteng rampung

TERKINI.id, PINRANG – Petani di Kabupaten Pinrang, Sidrap, dan Wajo yang bergantung dari aliran air Bendungan Benteng, Pinrang, sudah bisa turun sawah. Ini setelah perbaikan Bendungan Benteng rampung.

Kerusakan sayap kanan Bendungan Benteng Pinrang, mengakibatkan jadwal turun sawah di tiga daerah, Pinrang, Sidrap dan Wajo tertunda.

Namun saat ini, pengerjaan bendungan telah rampung 100 persen. Padahal diperkirakan pekerjaan memakan waktu 20 hari, tapi bisa diselesaikan hanya 15 hari.

Rekanan yang mengerjakan Bendungan Benteng, H Ferdy, membenarkan telah menyelesaikan pekerjaan bendungan, Minggu sore kemarin.

“Puluhan tenaga kerja yang diturunkan ke lokasi, bekerja maksimal, sehingga merealisasikan pekerjaan sebelum waktu yang ditargetkan pemerintah,” ungkap H Ferdy.

“Petani di Daerah Irigasi Sungai Saddang bisa bernapas lega, sudah bisa menggunakan air. Insya Allah, Rabu lusa pintu bendungan Benteng sudah ditutup dan sudah mulai pengaliran air,” ujar Ferdy.

Ferdy menambahkan, dua hari ini sisa pembersihan pekerjaan dan jaringan bendungan, agar semua irigasi Sungai Saddang yang dialiri air akan lancar. Untuk areal di Kabupaten Pinrang, melalui dua saluran induk, yaitu Sawitto dan Pekkabata.

”Sudah rampung, tinggal proses pembersihan bekerja sama Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS) Pompengan Jenneberang, 6-7 November,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini