Benteng Alla, kopi juara dari Enrekang

Ilustrasi

MAKASSARTERKINI.com – Menutup tahun 2016, organiasi petani kopi Benteng Alla di Dataran Tinggi Duri, Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan patut merasa bangga. Bagaimana tidak, kopi yang mereka tanam dengan penuh ketekunan dan keuletan berhasil menjadi jawara sebagai “The Best Coffee” dalam ajang SCAI Coffee Expo Auction 2016 di Bali pada 5 Desember 2016 lalu.

Seperti dikutip pada laman Facebook Veco Indonesia, yang merupakan organisasi non-profit dalam bidang pertanian internasional, Kopi Benteng Alla Kabupaten Enrekang berhasil memecahkan rekor sebagai kopi terbaik tahun ini dan berhasil terjual seharga Rp. 450.000 per kilo gram.

“Selamat kepada Benteng Alla Coffee, organisasi petani kopi mitra VECO Indonesia di Enrekang, Sulawesi Selatan, yang akhir pekan lalu memenangkan “The Best Coffee” dalam ajang SCAI Coffee Expo Auction 2016 di mana kopi Benteng Alla berhasil memecahkan rekor tahun ini dan dilelang seharga Rp. 450.000 per kg!” dikutip dari lama Facebook Veco Indonesia.

Sebagaimana dituliskan oleh seorang netizen menanggapi kemenangan kopi benteng Alla, Wilayah Benteng Alla yang berada di Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang merupakan sentra penghasil kopi dengan produktivitas tinggi. Dengan area tanam yang tidak seluas wilayah pertanian kopi lainnya, Benteng Alla mampu menghasilkan kopi dengan kualitas tinggi.

Saat ini, kopi Benteng Alla Enrekang telah diekspor ke Autarlia. Rasanya yang gurih dengan aroma yang khas diharapkan mampu meningkatkan penjualannya ke negara lainnya.

Selain Benteng Alla, Koperasi Kopi Kelimutu asal Flores juga mendapatkan penghargaan untuk kategori “Farmers Initiative’s Coffee Business”. Masing-masing organisasi petani mendapat hadiah berupa 1 unit mesin roasting.

Debra Ayudhistira

Berita Terkait
Komentar
Terkini