Beraninya ASN ini pamerkan uang suap proyek Rp 49 M di kantornya

Beraninya PNS ini pamerkan uang suap proyek Rp 49 M di kantornya
Beraninya PNS ini pamerkan uang suap proyek Rp 49 M di kantornya

Terkini.id, Bulukumba – Postingan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bulukumba, bernama Andi Ichwan, membuat heboh warga di Sulawesi Selatan dalam dua hari terakhir.

Betapa tidak, Andi Ichwan AS yang diketahui merupakan oknum ASN, dengan berani memposting uang lembaran seratus ribuan dalam jumlah besar.

Dalam postingan tersebut, dia terang-terangan menyebut uang tersebut merupakan hasil suap proyek irigasi senilai Rp 49 miliar, dan dia sendiri yang membawa uangnya.

Andi Ichwan sendiri mengaku siap menerima risikonya. Dia pun mengungkapkan sedang melaporkan kasus tersebut kepada KPK.

“Lama aku sabar mengadu tidak ada yang gubris,” cerita Andi Ichwan AS.

Dana yang dipegang oleh Ichwan dalam foto tersebut, merupakan hasil suap agar dana proyek senilai Rp 49.819.000.000 terkait pembangunan irigasi Kementerian PU-PR pada tanggal 27 November 2017 bisa lancar.

Dalam unggahan itu, Andi Ichwan AS bahkan mengaku sebagai pihak yang ditugaskan oleh Bupati Bulukumba. Dia juga memosting surat  sesuai dengan foto Surat Keputusan (SK) penunjukannya, tertanggal 4 Mei 2017.

Baca :Makassar paling rendah persentase suap di Indonesia
Beraninya PNS ini pamerkan uang suap proyek Rp 49 M di kantornya
Beraninya PNS ini pamerkan uang suap proyek Rp 49 M di kantornya

LSM minta Inspektorat bertindak

Aksi berani Andi Ichwan tersebut kontan mengundang reaksi kalangan LSM.

Nuralim , dari Koalisi Pemuda Anti Korupsi  (KAPAK) menyayangkan. Terlebih Andi Ichwan AS adalah ASN yang bertugas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba. Dia justru ditugaskan untuk mengurus proyek irigasi di kementrian PUPR yang notabene bukan tugas dan wewenang nya.

“Apakah Andi Ichwan As ini adalah makelar proyek yang mampu menembus batas-batas kewenangan antar instansi?” ujar Nuralim.

Olehnya itu, Kapak Bulukumba mendesak Inspektorat Bulukumba untuk segera menindak lanjuti unggahan saudara Andi Ichwan As di media sosial Facebook.

Selain itu, pihaknya mendesak BKD Bulukumba untuk segera memanggil Andi Ichwan As untuk mengklarifikasi unggahan tersebut, mengingat status  Andi Ichwan As sendiri sebagai Aparatur Sipil Negara.

“Kami juga mendesak tim TP4D untuk menindak lanjuti pengakuan saudara Andi Ichwan As yang telah melakukan penyuapan di kementerian,” jelasnya.